Trip 8 Hari Pengalamanku Di Korea Saat Winter Perfect Karena Hal Ini oleh Adit


 honeymoon
 Annyeonghaseyo…
Hai guys apa kabar, perkenalkan gw Adit. Sesuai dengan judul postingan kali ini gw ingin memberikan pengalaman bagaimana saat gw berliburan ke Korea Selatan 8 hari bareng istri (@bumeta) dan waktunya pas banget lagi musim dingin. Buat kamu yang ingin pergi ke Korea tahun ini atau taun depan wajib deh kamu baca sampai habis, karena hal-hal ini pengalaman gw berlibur ke Korea menjadi perfect abis. Dan gw bakal share video dan gambar aseli (jepretan sendiri) bukan gambar atau video yang ngambil dari sumber lain dan bikin cerita-cerita fiksi deh. This is the real story 🙂

Biar mempermudah kamu membaca artikelnya, gw buatin daftar isi nya dari bagaimana gw bisa pergi ke Korea, persiapan sebelum keberangkatan ngapain aja, terus hari pertama sampai hari kepulangan ke Indonesia dan juga tips-tips buat kamu yang mau pergi ke Korea tahun ini, tahun depan atau tahun depannya lagi :).
Daftar Isi Cerita Gw:
1. Alasan bisa pergi ke Korea (Cerita dapetin bwamtrip konsep unik dan murahhhh abisss !! penasaran ? baca bagian ini)
2. Persiapan Pergi ke Korea Saat Winter (Ada tips penting yang wajib kamu ketahui)
3. Keberangkatan dari Bandara Soekarno Hatta ke Incheon
4. Hari Pertama di Korea Selatan Winter (banyak tips nya! kamu wajib baca)
5. Hari Kedua di Korea Selatan Winter (Ada tragedi ngakak)
6. Hari Ketiga di Korea Selatan Winter (Jabat tangan sama Lee Min Ho videonya nih)
7. Hari Keempat di Korea Selatan Winter (Salju di Namsan Tower)
8. Hari Kelima di Korea Selatan Winter (Nami Island is The Best)
9. Hari Keenam di Korea Selatan Winter (Hunting foto lokasi film Goblin – lucu foto foto nya)
10. Hari Ketujuh di Korea Selatan Winter (Shalat jumat, kesasar pulangnya hiks…)
11. Hari Kedelapan di Korea Selatan Winter (Bye bye Korea, bye bye lee min ho)
12. Tips dari gw buat kamu yang mau pergi ke Korea saat musim dingin.
Lets Goooooooooooo……….

1. Alasan Bisa Pergi Ke Korea

Nah, di bagian ini gw ceritain kenapa bisa pergi ke Korea terus kenapa pas musim dingin kesananya. Awalnya gw kagak kepikiran mau pergi ke Korea tuh ya cuman obrolan iseng-iseng aja istri gw yang pengen ke Korea soalnya doi seneng nonton film drama Korea ama K-POP gitu dan gw kagak tanggepin terlalu serius karena yang gw cek lewat aplikasi tiket pesawat yang suka ada di iklan tv itu, ongkos kesana aja udah muahal bingits pulang pergi belum biaya lain lainnya. Intinya mana ada duit nyeee. :))
Bulan Agustus 2017 (kalo ga salah), istri gw nemu travel organiser unik yang beda konsep nya sama travel-travel laen, dan harga nya lebih murah kalo di bandingin sama yang laen (Aseli cewe nemu aja kalo ada yang beginian). Jadi konsep service-nya itu, mereka hanya menyediakan tiket pesawat PP (Pake Asiana Airlines loh bukan yg embel embel), Guesthouse (Nyaman banget belum lagi deket banget sama pintu stasiunnya, malah bersebelahan pas gw tinggal disana), T-Money (Udah ada isi-nya) dan enaknya owner-nya ini ramah banget, dan juga terakhir pas urus urus bikin visa kita dibantuin banget.
Selain itu konsep dia ini ngajarin kita buat backpacker sendiri, dan aseli kalo menurut gw konsep kaya gini tuh enak banget bebas kita mau kemana mana dan tujuan mana yang kita mau, tapi kalo kamu bingung bisa tanya doi sangat ramah di ajak ngobrol atau ga ikut rombongan yang lain mau pada kemana.
Buat kamu yang kepo sama konsep travel ini bisa langsung cek instagramnya (bukan promosi aseli) tapi yang buat penasaran silahkan di cek, dan gw kasih jg sama ig owner-nya langsung.
Instagram BWAMTRIP
A post shared by BWAM Trip (@bwamtrip) on

Instagram Owner nya

A post shared by Gosh 🇮🇩 (@bwamgosh) on

Kalo mau order/booking via tokopedia juga ada loh guys, pas awal-awal gw juga cek juga sebelum order ini travel beneran apa boongan, setelah di telusuri memang okeh review nya. Dan ini memang rekomendasi deh buat kamu yang menyukai dengan konsep backpacker.
(klik aja gambarnya biar masuk ke tokpednya)

bwamtrip tokopedia

2. Persiapan Pergi ke Korea Saat Winter

persiapan ke korea saat winter

Ngomongin soal persiapan, ini hal yang sangat penting buat kamu yang hendak pergi ke Korea saat winter / musim dingin. Jangan sampai kamu salah kostum dan juga kurang persiapan, bukannya mau liburan malah tiduran di kasur karena kedinginan. Ingat ya, disana itu suhu nya bisa sampai -11°C atau bisa lebih dingin loh guys. Kemarin gw paling dingin itu di -11°C dan kamu harus hati-hati angin di sana itu kenceng banget jd harus benar-benar persiapkan deh semuanya.

Inilah pengalaman gw terkait persiapan apa-apa saja yang wajib kamu bawa saat musim dingin di Korea:
1. Mantel yang bisa menahan dingin
Barang ini wajib kamu bawa di saat winter, karena ini yang menjadi pakaian paling luar kamu supaya bisa menahan dingin ke badan kamu. Bawa mantel secukupnya, kalau kamu memang belum memilikinya beli saja 1 di Indonesia dan sisa nya kamu bisa beli di Korea. Karena gw jg nyesel bawa banyak-banyak tetep beli juga di Korea. Aseli mantel disana murah-murah loh guys dan juga ampuh buat nahan dinginnya. Kamu bisa membeli mantel di Korea seharga 10.000 alias kalo rupiah jadi kurang lebih Rp. 130.000. Coba bandingin mantel yang kamu beli di Indonesia. Rekomendasi dari gw, kamu bisa ke Itaewon dekat mesjid Itaewon, maaf gw lupa nama toko nya tp disana jual 10.000 rb semua (kalo ga salah depan “Makan Halal Restaurant“).
2. Bawa long john
Barang ini wajib juga buat kamu bawa. Long john adalah pakaian terdalam kamu buat nahan dingin dan ini ampuh juga buat gw, Pengalaman gw, hanya bawa long john 1 set doang buat 9 hari guys. Bukan karena gw nantangin tapi harganya mahal di Indonesia guys sekitar Rp. 200.000an, tapi kalo kamu nemu harga lebih murah boleh di komen ya buat referensi yg lain. Saran gw, kamu bisa beli di Korea juga kalo memang kurang.
Sebenernya gw ga tiap hari pake long john selama disana, hanya pas hari-hari pertama saja karena bisa dibilang nyesuain dahulu sama kondisi cuaca disana. Sisanya buat bawahan gw cuman pake traingin trus pake jeans atau pake celana anti dingin (di dalemnya ada udah ada bulu bulu nya jadi hangat) dan buat atasannya paling sweaternya di double.
3. Bawa sarung tangan (bahan wool)
Wajib banget bawa sarung tangan yang berbahan wool. Tanpa ini, tangan kamu bisa bisa mati rasa karena dinginnya. Pengalaman gw hanya bawa 1 set sarung tangan, dan di hari ketiga istri gw kehilangan sebelah sarung tangannya akhirnya gw kasihin dan gw cuman ngandelin hot pack.
Tapi jangan coba coba ngikutin cara gw ya. di namsan tower tangan gw mati rasa, gw kagak kuat ga pake sarung tangan sebelah karena anginnya yang begitu kencang sehingga anginnya kaya masuk ke dalem tulang (linu).
4. Bawa kaos kaki (bahan wool)
Sudah pasti wajib kamu bawa kaos kaki tebal yang berbahan wool. Bahan yang gw pake kemaren bahannya tipis jadi gw double kaos kaki nya. kalo ini gw bawa 2 pasang kaos kaki.
5. Bawa sweater (bahan wool)
Nah, sweater wajib kamu bawa, dan ini di pakai sebelum kamu menggunakan mantel. Pengalaman gw hanya bawa 2 set sweater.
6. Bawa obat-obatan (tol*k angin, ant*ngin dan vitamin wajib kamu bawa)
Ini sangat wajib kamu bawa, buat kamu yang memiliki alergi dingin atau kamu yang punya riwayat penyakit lain bisa siapin semua obat-obatannya. Inilah obat-obatan yang gw bawa kemarin :
– Tol*k angin dan ant*ngin
– Vitamin C
lip balm
lotion
– panad*l (kagak di pake alhamdulillah gw ama istri sehat disana)
– kayu putih
– sal*npas
– obat maag
7. Bawa syal (bahan wool)
Salah satu perlengkapan wajib juga untuk membawa syal berbahan wool. Salah satu penyebab kita masuk angin jg dari arah leher yang terbuka biasanya. Maka dari itu syal bisa membantu untuk menghangatkan leher kamu supaya tidak kedinginan dan masuk angin.
8. Bawa Perlengkapan mandi
Jangan di tanyakan lagi, ini wajib kamu bawa. Tanpa ini, kamu udah pasti dijauhin orang orang karena kamu bau hahahaha.
9. Bawa wifi portable
Pengalaman gw, mending pake wifi portable selain stabil selama gw di korea tidak ada kendala koneksi internet dan enaknya bisa dipake rame rame. Kemarin gw sewa di Passpod.id (cek aja instagramnya) harga sewa ke korea itu 1 hari = Rp. 60.000. Tapi kamu juga bisa pake provider yang nyediain paket roaming-nya. Atau pilihan terakhir kamu bisa sewa wifi portable di bandara Incheon, untuk harga gw lupa tapi kalo ga salah lebih murah dari yang gw sewa di passpod soalnya temen gw juga ada yang sewa di bandara.
10. Bawa uang Won
Ini sudah pasti sangat wajib bawa uang won, untuk penukaran kamu bisa tukar di bank. Pengalaman gw disana cuman bawa ₩500.000 untuk 2 orang ama istri gw. Kalo mau dibilang kurang sih ya enggak, cuman lo pasti kalap kalo udah ada disana, kenapa? Karena harga disana emang murah-murah bro. Belum lagi kalo orang korea tuh kalo emang ada promo kagak nanggung-nanggung beli 2 gratis 2, beli 1 gratis 1 buat belanja. Gimana kagak kalap tuh, apalagi kalo kamu seorang cewek udah deh hahahaha. lihat cerita gw sampai beres yang bulak-balik myeongdong 4x hahaha.
11. Bawa uang dollar (optional)
Kamu harus menyiapkan sesuatu jika terjadi hal yang tidak diinginkan, bawa uang dollar untuk minimalnya tergantung budget kamu. Kalo pengalaman gw kemarin hanya bawa $100 dan ini habis juga karena gw harus beli oleh-oleh buat keluarga dan saudara.
12. Bawa makanan dari rumah
Ini gw saranin kamu bawa makanan favorit kamu, kalo perlu sambel, saos, bon cabe menurut gw wajib deh kamu bawa. Aseli makanan disana tuh rasanya agak hambar hambar gitu dan gw termasuk anak micin jadi kalo ga asin ama pedas kurang greget di mulut hahaha. Mie instan dan minuman serbuk penghangat wajib deh kamu bawa.
Di toko G25 dan 7eleven ada jualan nasi putih, harga nya sekitar ₩1500 an, dan kalo kamu dapet di 7eleven tempat-tempat tertentu sering ada promo beli 2 gratis 1. Coba cek aja setiap kamu pergi kemana cek 7elevennya.
13. Bawa tupperware
Disana beli aer putih mahal sekitar ₩1000-an , jadi supaya perduitan kamu irit mendingan bawa dari guesthouse supaya lebih irit hahaha.
14. Bawa hot pack
Ini wajib buat kamu yang berangkat saat winter. Hot pack sangat membantu buat menghangatkan bagian bagian tertentu seperti kaki atau tangan biasanya. Pengalaman gw hanya di pake buat tangan doang dan gw cuman beli 1 paket (isinya ada 8 biji) buat berdua ama istri gw.
14. Tips tambahan persiapan dari gw
Disini gw mau kasih tips n trick nya dari pengalaman gw yang masih dibilang cukup persiapannya.

Jangan bawa barang terlalu banyak, secukupnya saja kalo koper masih banyak nyisa bawaan paling di pake buat makanan. Kenapa ? Sepulang dari sana pasti ingin beli ini itu, liat promo dikit mata kamu ga akan bisa nahan hahaha, belum bawa oleh oleh untuk keluarga

Okeh cukup untuk persiapanya ya, sekarang mulai ke cerita inti nya pengalaman gw berada disana.

3. Keberangkatan dari Bandara Soekarno Hatta ke Incheon

Tanggal 9 February 2018 menjadi hari yang menegangkan karena hari ini gw dan istri cerita nya bulan madu ke Korea Selatan. Gw berangkat dari Bandung (batununggal) ke bandara Soekarno Hatta menggunakan bus Prima Jasa. Sebenernya jadwal pesawat nya itu jam 23.55 tapi gw dah berangkat jam 5 pagi-pagi keren kan ? hahaha bukan karena saking semangat tapi ada alesannya. 

Pertama, hari itu hari jumat yang bertepatan dengan shalat jumat sehingga gw musti mengejar shalat jumat.
Kedua, karena hari jumat kalo gw berangkat abis jumatan dari bandung maka gw bakal kena macet yang pada balik kerja dan juga pada balik ke bandung dan sekitarnya. Sehingga gw memilih menunggu lama di bandara dibanding kena macet dan khawatir dapet terburuknya gw ga bisa naik pesawat karena saking macetnya dan akhirnya liburan gw gagal.

Jadi sambil menunggu rombongan yang lain gw foto foto aja dlu ama istri gw.
hari 1 korea winter bandara soekarno hatta

Sekitar jam 21.00, barulah rombongan dari #bwamtrip saling bertemu dan saling berkenalan. Gw kira, kita berdua yang paling jauh ternyata ada yang dari Kupang dan juga dari Jogja hehe.. keren juga #bwamtrip (dalam hati gw).

Inilah foto-foto para tersangka #bwamtrip yang ikut ke Korea Selatan Winter Februari 2018.

Dan setelah foto-foto ini gw take off dari bandara Soekarno-Hatta menuju bandara Incheon di Korea Selatan, mari kita lanjut perjalanan sampai di bandara Incheon dan trip explore Korea dimulaiii 🙂

4. Hari Pertama di Korea Selatan Winter

Hari pertama landing di bandara Incheon tanggal 10 Februari 2018 jam 9 pagian. Setelah menginjak langkah pertama di tanah Korea terasa dinginnya menusuk tulang tanpa long john guys hahaha. Dan saat itu suhu nya sampai -8°C, ini hal pertama yang gw rasain dapetin suhu minus dan memang dinginnya bukan main. Setelah melewati imigrasi gw bergegas ke toilet buat pake long john dan perlengkapan lainya seperti sarung tangan dan juga kaos kaki.
Kamu liat kan foto kita sebelum take off ? nah ini foto setelah kita membawa koper kita kembali di Bandara Incheon,
bandara incheon bwamtrip
Dan gw pun sudah siap buat pergi trip hari pertama cuman sebelum itu gw musti ke guesthouse dulu buat nyimpenin barang-barang koper dah gitu baru cus lagi deh. Ohh iya gw mau kasih tau nih guys, buat kamu yang enggak pake internet roaming dari provider indonesia atau gak wifi portable dari indonesia, kamu bisa sewa di tempat ini (masih di bandara Incheon – gambar sebelah atas).
Dan buat kamu yang belum sempet nukerin duit won, bisa tukar disini juga cuman untuk penukaran rupiah gw gak liat bisa atau enggak, untuk jaga-jaga kamu bisa tukar dulu uang rupiah kamu ke dollar saat masih di indonesia seperti pengalaman gw yang nukerin uang dollar takut ada kekurangan. Atau juga bisa pake kartu kredit atau kartu debit yang ada logo visa nya (gambar sebelah bawah).
winter korea wifi portable currency exchange
Dari Incheon ke guesthouse di Hongdae, gw naik Seoul Metropolitan Subway. Gw kasih tips ya guys, buat kamu yang mau ke Korea download deh aplikasi namanya “KAKAO METRO“. Aplikasi ini memandu kamu buat naik subway, karena subway di Korea itu banyak jadi nanti kayak ada transit-nya gitu terus pindah lagi subway line berapa nya. Coba aja deh kulik sendiri nanti juga kamu bisa sendiri kalo udah nyoba hehe.
Ohh iyah lupa, jangan lupa beli T-Money ya guys karena kalo kita naik subway pembayarannya tinggal gesek aja tapi jangan asal gesek ya. Cek juga saldo nya cukup kagak. 1x naik subway kemana aja harganya sekitar ₩1250-an, kalo engga punya pas di Incheon mau jalan ke stasiun Incheon nya ada kok mesin buat beli T-Moneynya, bentuknya kaya gini nih.
T-money card
Okeh lanjut ke perjalanan gw naik subway ya, inilah foto-foto entah ekspresi muka lelah, ngantuk, enggak tau muka yang dah ga sabar pengen jalan-jalan hahaha.
Dan setelah foto ini, intinya kita sudah sampai di guesthouse karena sudah tidak sabar pengen jalan-jalan akhirnya cuman simpen koper cus lagi dah.

Trip ke Gyeongbokgung Palace (Jam 12 Siang)

Kalo mau langsung sampe tempat ini, kalian dari stasiun gyeongbokgung, keluar nya lewat exit 5. Disini gw beruntung banget loh guys, sampe Gyeongbokgung Palace gw langsung di suguhin ada acara adat gitu, kalo nanya-nanya sih upacara pergantian shift. Coba deh kamu lihat video gw yang ini. Kalo ada yang tahu ini upacara apa kasih tau di komentar ya,  Inilah foto-foto dan video gw saat di Gyeongbokgung Palace.
Romantis kan guys hahaha (*pede). Okeh dan yang ini ada video upacara yang tadi gw ceritain (sorry kalo video nya jelek gw kagak fokus megang kameranya malah fokus sama upacara adatnya.

Masih di gyeongbokgung, karena ga mungkin kita abisin waktu di tempat ini kalo kamu berjalan sedikit ke arah sebrang pintu masuk Gyeongbokgung Palace, kamu akan menemukan patung “King Sejong” dan patung “Admiral Yi Sun-sin”. Ya sekalian deh jepraatt jeprreettt.

gyeongbokgung patung king sejong

Nah ada cerita tentang istri gw nih sepulang dari tempat patung tadi, gw, istri dan teman teman yang laen mampir dulu ke starb*cks. Bukan mau ngopi tapi nganter temen gw yang mau beli tumblr asli dari korea pesenan temen nya doi katanya. Nah, karena kebanyakan barang yang dibawa, istri gw kasian ngeliatnya akhirnya nawarin bantuan buat di bawain aja ama istri gw. Dan tiba tiba setelah kita mau naik subway sambil nunggu keretanya datang, duduk dulu lah kita semua. Setibanya kereta datang, masuk lah kita semua ke dalam kereta mau menuju trip selanjutnya yaitu ke myeongdong. Baru 1 stasiun baru ingatlah temen gw itu yg beli tumblr nanyain ke istri gw mana tumblr nya.

Ternyata tumblr nya ketinggalan di tempat duduk tadi sebelum naik subway, sudah was-was karena tadi agak rame dan juga khawatir sepengalaman gw di indonesia kalo sudah ada barang ketinggalan gitu apalagi ditempat rame gitu dan ngeliat barang yang agak mahalan dikit, udah pasrah deh. Balik lah gw ama istri gw langsung ke stasiun yang sebelumnya. Di jalan mau marah tapi kasian doi juga kagak sengaja yasudah di sepanjang jalan gw ama istri gw berdoa aja “bismillah, alfatihah, istigfar” semoga barangnya masih ada.

Dan eng ing eng, barang nya ternyata masih ada dong Alhamdulillah. Dan bener gw pernah dengar dari temen gw, pernah ada survey buat kasus kaya gini, dan hasilnya dari 99% barang yg ditinggal masih ada dan 1% nya di balikin ke tempat pos gitu lah. Keren dah kalo emang bener begitu SALUT !! Maaf yee ga ada dokumentasi nya untuk yg ini karena suasana gw dah kesel, khawatir, ga kepikiran buat dokumentasiin hahaha.

Trip ke Seongsu Edisi di Culik Sama 2 Orang Korea

Jadi ceritanya sepulang dari Starb*cks tadi, kita ketemu sama 2 cewek orang korea, umurnya sekitar 18-23an lah. Dia nawarin kalo di tempatnya sedang ada acara adat gitu. Kita di tawarin buat pake baju Hanbok gratis tanpa bayar. Ya namanya gratis yah temen temen yang laen kepengen aja, tapi gw sama istri gw dah ga enak hati nih. Tapi yasudah lah kita ikutin aja dulu orang ini siapa tahu bener lagi ada acara rame gtu.

Nah ini sempet gw videoin karena tempatnya jauh dari guesthouse jadi gw videoin aja tempat sekitar takut ada apa apa kan bisa jadi bukti atau apa ke wkwkkw (udah parno lah pokoknye)

Cek videonya dulu sebelum gw cerita di tempatnya doi ngapain aja kita. (Cewek orang korea nya yang paling kiri pake kacamata jaket abu, 1 nya lagi di depan paling kanan pake jaket abu juga dan pake tas pink)

Nah sampai lah kita di sebuah gedung, setelah kita masuk dimana suasana tempatnya itu kaya asrama gitu deh. Di bawalah kita semuanya ke sebuah ruangan yang ternyata di dalam nya banyak orang asing juga, ada yang dari jepang, thailand trus darimana lagi gitu pas gw kenalan lupa. Intinya disana itu memang bener kok kita di ajarin dan juga memakai hanbok juga gratis bener banget. Cuman inti dari acaranya ini kita disuruh buat bowing, ada yang tau bowing itu ngapain ? ya bener deh intinya kita disuruh praktekin cara mereka melakukan adat sesembahan gitu. Cuman karena kita muslim dan di agama kita tidak boleh mengikuti sesembahan mereka kita hanya perhatikan saja karena mau keluar langsung dari tempat itu tidak sopan.

Intinya acaranya selesai kita juga sempat di tawarin minum soju dan kita tolak secara baik-baik sehingga kita hanya di tawarkan buah-buahan yang emang buah-buahannya enak aseli apalagi buah Pir nya beuhh nagih banget hahaha.

Aseli mereka baik banget dan welcome sama kita semua dan kita aja di ijinin buat solat ashar pas waktu itu di tempat mereka, cuman karena kita kepepet juga buat trip selanjutnya hehe sehingga kita semua pengen segera meninggalkan tempat itu. Jadi setelah makan buah buahan itu kita semua ijin untuk segera menuju ke tempat selanjutnya yaitu ke Myeongdong. (Maaf guys ga ada dokumentasi di tempat ini karena ga enak juga gw jepret jepret nya untuk menghargai mereka juga).

Trip ke Myeongdong (Belanja & Ngemil-ngemil Jam 6)

Nah okeh ceritanya gw tiba di myeongdong exit 9, langsung deh sampe di tempat keramaian dan pas banget hari itu hari sabtu jadi banyak banget orang yang lagi malmingan hahhaa baper deh kalo kamu yang dateng sendirian (*katanya, soalnya kalo gw ama pendamping hidup gw :P) padet deh malam itu di myeongdong.

Inilah kondisi video keramaian saat gw berada di myeongdong, (take kamera depan banget toko Nature Republic)

Menariknya hari pertama padahal yah, istri gw dah beli oleh-oleh aja hahaha, beli kaos kaki harganya murah deh banyak promonya disana.

Btw disana ada makanan yang enakkkk banget sumpah, gw cari di google namanya tuh kue “Bungeoppang” bentuknya ikan gitu. Harganya sekitar 3000 Won, tapi beuhh nagih. Gw seneng sama yang isi nya rasa keju. Mantap deh lokasinya depan banget “Nature Republic” cek aja, pokoknya daerah perempatan situ, suka pindah pindah gw cek beberapa kali ke myeongdong hehe liat tengok kiri kanan atas bawah aja (*dikira maen playstation).Untung gw dokumentasiin, nih dia penampakan gerobak kue ikannya,

kue bungeoppang di myeongdong korea

Nah setelah itu, disini juga ada store LINE loh, dan pintu masuknya kita di suguhin boneka LINE si “Brown” GEDE BINGITS. nih dia penampakannya.

line store myeongdong

Dan setelah dari sini, trip hari pertama gw kelar karena sudah terlalu cape dan juga sudah terlalu malam buat explore ke tempat lain. Menyimpan tenaga dengan istirahat supaya besok mulai kembali berjalan kaki kesana kesini. Baca hari keduanya gw ke Ewha, Itaewon, dan ke Anguk. Ada apa sajakah di tempat ini ? Simak di hari Keduanya.

5. Hari Kedua di Korea Selatan Winter (Ada tragedi ngakak)

Hari kedua ini, gw pergi ke 3 tempat pagi-pagi ke Ewha, siang ke Itaewon dan sore ke Anguk. Biasa lagi semangat semangatnya kan pagi pagi dah cabut. Berangkatnya gw bareng lagi sama geng geng cewek yang ada di foto sebelumnya. Gw cuman jadi bodyguard nya mereka doang ama tukang foto cuy disuruh suruh kwkwkwkw. Tapi ya di enjoy-in aja namanya juga travelling ala backpacker harus saling mengkondisikan, iya gak ? (*so keren).

Trip ke Ewha (Masih pagi istri gw bikin rusuh)

Okay seperti biasa dari guesthouse kita naik subway soalnya tempat guesthouse sama stasiun hongik university (hongdae) bersebelahan jadi ga cape jauh jauh jalannya hehe. Ceritanya hari ini istri gw pake stelan baju hijab dan pake rok bawahannya dong. Cucok lah paling cantik istri gw pokoknya ga ada tandingannya (doi suka baca blog gw jadi gw puji puji aja :P). Jalanlah kita ke stasiun buat naik ke stasiun Ewha. Jaraknya ga jauh cuman beda 2 stasiun dari Hongik. Tapi seperjalanan mau naik subway kita musti turun dulu naik eskalator, dan tiba tiba disinilah istri gw berulah haha. Rok nya dong kesangkut di pinggir-pinggir eskalator, disitu gw mau ketawa, mau panik, mau kesel hahhaha. Untung masih di tengah tengah. Gw tarik lah itu rok nya, ga takut robek atau apa yang penting itu rok terlepas dari eskalatornya. Malah istri gw punya pikiran yang lebih ekstrem, mau buka rok nya cuy. Eitsss jangan berpikir yang aneh aneh, istri gw pake celana lagi kok hahaha.

Ya alhamdulillah terlepas lah itu rok nya dari eskalator dan ga ada robek sama sekali cuman bekas oli aja nempel hahaha. Karena istri gw orangnya cuek ya sudahlah biarin, lama lagi juga harus naik lagi ke atas belum ntar bayar lagi T-Money nya. Akhirnya perjalanan terus dilanjutkan dengan rok bertaburan oli wkwkkww.

Ini dia penampakannya meskipun ini foto harusnya di post pas trip ke Anguk hahaha,

meita tersangkut eskalator

Nah ceritanya gw sudah sampai di Ewha nih, perjalanan dari stasiun ke Ewha University ini pemandangannya bagus-bagus buat di foto. Sebenernya dari stasiun ke Ewha mungkin bisa 5 menit kalo jalan kaki, cuman karena banyak berhenti buat foto foto serasa 1 jam. Dan berikut hasil foto foto kita sebelum sampe di Ewha University nya.

Cekrek 1

ewha university bwamtrip



Cekrek 2

ewha university

Setelah foto unyu-unyu, sampailah gw di Ewha University. Aseli pemandangan disini enak banget buat foto guys, apalagi buat prewed beuhhhhhh biasa aja haha becanda. Aseli ajib banget, dah lah tanpa basa basi ini hasil foto kita disana,

Setelah puas dengan jepretannya, di depan Ewha University gw nemu yang jual tteokbokki. Enakkkk banget tteokbokki disini, lagi dingin dinginnya mana di kasih kuah dari odeng. Beda yah rasa tteokbokki yang gw beli di indonesia sama tteokbokki disini. Aseli enak banget tteokbokki nya apalagi odeng nya beuhh ngingetin gw sama rasa baso ikan, dan halal insyaallah, pas gw tanya penjualnya di tempatnya tidak ada berbau pork.

Ini dia video saat gw berada di Ewha lagi makan tteokbokki. 🙂

Dari Ewha gw bergegas lagi untuk melanjuti trip ke Itaewon untuk sekalian melaksanakan shalat dzuhur di mesjid Itaewon.

Trip ke Itaewon

Sesampainya di stasiun Itaewon seperti biasa gw mengandalkan google maps buat nyari lokasi mesjidnya didaerah mana. Ternyata dari stasiun itu jalan nanjak sekitar kurang lebih 5-10 menitan sampai cuman karena kita jalannya muter jadi perjalanan kesana ditempuh sekitar 1 jam lebih. Hah kok bisa ? lah di jalan temen gw masuk dulu ke store Line. Sebetulnya kemarin udah di myeongdong, cuman bedanya LINE Store di Itaewon ini ada event BT21 nya gitu. Temen gw sebenernya yang addict banget jadi ya masa ditinggal yah jadi kita temenin juga hahaha.

Dan inilah hasil foto dari eksis, narsis-narsis di LINE Store, cek penampakannya,

line store itaewon

Dari sini kita berjalan muter, lewatnya bukan depan gerbangnya itaewon tapi dari belakangnya, dan itu jalannya nanjak banget guys belum lagi tanjakannya bukan jalan aspal tapi tangga, ketinggian tangganya sekitar 75°, Mantep kan ? yang ini dokumentasi nya ga ada, kecapean juga foto foto nya haha ga sempat.

Akhir setelah menaiki tangga yang cukup terjal, sampailah kita di mesjid Itaewon. Adem banget suasananya (lah iyah adem lagi musim dingin) dan juga bergegas lah gw untuk melaksanakan shalat dzuhur sekaligus ashar di jamak.

Hasil dari jepretannya di mesjid Itaewon ini guys,

mesjid itaewon

Nanti simak juga guys di hari 7 gw shalat jumat disini Subhanallah penuh banget disini.

Dari mesjid Itaewon gw langsung cus lagi ke Anguk, disini gw berpisah sama temen gw itu, jadi gw berangkat cuman sama pendamping hidup gw (ciaaelahh akhirnya bisa beduaan (*dalam hati)).

Trip ke Anguk

Ada apas ajakah di Anguk ? Sebenernya kenapa gw ke Anguk, karena gw bareng istri seneng sama drama Goblin yang pemerannya mirip gw itu loh Abang Gong Yoo (ga usah protes). Yang ga tau nih di kasih video trailer goblinnya, yang udah tau lewat aja. Bagi yang belum nonton dong nonton, diem diem bae.

Gw mau nyari rumahnya Goblin nya ini mau foto foto biar kece. Tapi bukannya ketemu malah kesasar kemana mana guys haha. Nah kita sempet foto di Anguk cuman 2 jepretan di tempat ada museum gitu, dan itu menjadi jepretan terakhir padahal belum sampe ke rumah Goblinnya ini, soalnya baterai kameranya habis lupa kagak di cas semaleman saking ngantuknya. Jadi maaf yah cuman ada 2 foto terakhir di Anguk, Tapi tenang ada yang menarik, hari ke 6 kita balik ke Anguk dan mencengangkan foto fotonya, kamu pasti bakal ketawa apa yang gw lakuin disini.

Nah intinya di Anguk ini kita ga terlalu lama karena kameranya habis jadi ga bisa foto-foto tapi sebelumnya gw mau cerita yang gw temuin di Anguk ini. Tadi gw cerita kan kesasar muter muter jalannya mau nemuin rumah Goblin ini, nah di tengah perjalanan kita malah nemuin toko baju cewek lah itu asli harga nya MURAAAHHH BINGITSSS. Harganya 10.000 won, kalo di rupiahin 10.000 won = Rp. 130.000an, murah kan ? Eitsss jangan emosi dulu, beli 1 gratis 1 alias dapet 2 baju. Ini baju made in Korea loh, bukan yang ngambil dari tanah abang, atau kalo di bandung itu pasar baru atau ga andir. Ini kualitas impor men harga murah bingits hahaha.

Lah mata istri gw dah liat yang beginian kalap udah. Foto dan video penampakan toko nya ada di hari ke-6 karena gw ama istri balik lagi ke Anguk.

Trip ke Hongdae (Melihat Keramaian Anak muda Korea Jaman Now)

Nah dari Anguk terakhir itu, gw langsung cus balik ke Guesthouse karena soal kamera yang habis baterainya jadi ga bisa cekrek-cekrek. Setelah baterai di isi ulang, jadi gw pergi ke sebrang guesthouse. Disana ada tempat keramaian gitu jadi kepo-lah gw, kaya di indonesia kan ada kerimunan dikit langsung kepo apalagi gw orangnya kepo-ers banget.

Sesampainya di sebrang ternyata wow, ada banyak banget dede-dede gemes sama oppa yang lagi nunjukin dance atau ga nyanyi nya. Bener yah di hongdae ini tempatnya anak muda ngumpul kalo hari Sabtu sama Minggu rame banget disini. Hasil jepretannya ga terlalu banyak tapi di hari 6 atau 7 kalo ga salah gw balik lagi ke hongdae, fotonya lebih banyak dan ada video nya juga.

Inilah Hasil jepretan di Hongdae,

Foto di Hongdae



Video di Hongdae

Setelah dari sini pulanglah kita sambil mampir dulu beli tteokbokki buat cemilan makan malam. Habis itu sudah deh kita tidur kembali untuk melanjut hari besoknya ke tempat Wajib Militernya LEE MIN HO. Haha penasaran ? Langsung ikutin di hari ke-3 nya (please jangan baper baca nya yah).

6. Hari Ketiga di Korea Selatan Winter (Ini bagian yang bikin Perfect nya)

Bangun, shalat subuh, mandi dan sarapan aktivitas yang biasa gw lakuin kalo pagi-pagi. Bertepatan tanggal 12 February, dan hari Senin dimana semua orang pada kerja. Ini hari pertama gw melihat pemandangan aktivitas orang korea kalo sedang berangkat kerja. Agak padet pagi-pagi nya karena banyak orang yang berangkat bekerja tapi siangnya sedikit sepi. Dan schedule gw hari ini yaitu ke tempat wamilnya lee min ho, Gangnam, JYP Entertainment, FNC Entertainment, SMTown Coex Artium, dan Namdaemun.

Okeh kita lanjut…

Trip ke Suseo (Ketemu dan Salam sama Lee Min Ho)

Nah, lagi-lagi dari tim #bwamtrip yang ngasih tahu keberadaan tempat wajib militernya lee min ho. Dan sekalian deh kita berangkat barengan sama mba Cindy (BWAMTrip Owner yang super kece). Disini para cewek antusias untuk ikut ke tempat wamil Lee Min Ho. Seperti biasa gw doang cowok yang ngikut, bukan karena gw nge-fans sama Lee Min Ho, tapi dari pada nungguin di guesthouse mendingan manfaatin bulan madu ama istri gw (hahaha *ngeles).

Nah berikut perjalanan gw ke Suseo yang bikin istri gw berkesan trip ke korea bareng #bwamtrip.

Foto-foto dulu sebelum ketemu Lee Min Ho

suseo lee min ho

Video Ketemu Lee Min Ho (Versi kamera istri gw yang salaman langsung) :

Video dari kamera gw :

Buat kamu yang mau ketemu sama Lee Min Ho, masih ada waktu sampe taun depan. Silahkan buat para penggemar Lee Min Ho segerakan menabung dari sekarang. 🙂

Trip Ke Gangnam

Setelah bertemu dan temu kangen dengan kembaran gw, berangkatlah kita ke Gangnam. Buat kamu yang suka K-Pop Wajib deh kayaknya ke tempat ini, buat foto-foto bareng boneka group K-Pop yang kamu suka. Gw dari awal cuman nemenin istri gw doang jadi fotographer nya doi (*ngeles lagi padahal suka BTS). Jadi pasti yang ada di foto kebanyakan foto doi semua hahaha.

Ini dia foto-foto kita saat di Gangnam Street-nya.

gangnam

Masih berada di gangnam, gw berjalan sepanjang boneka K-POP hingga sampailah gw di JYP. Tadinya gw dah janjian sama Bae Suzy (mantan gw) disini. Cuman karena doi ada job dadakan buat syuting jadi di cancel.

Inilah foto saat gw berada di depan JYP. (seperti biasa foto foto di JYP cuman ada istri gw).

jyp

Setelah dari JYP, berjalan lagi lah kita sampai di jalan Apgujeong. Dimana disini ada FNC Entertainment dan juga berdekatan sama SMTown tapi karena belum nemu gedungnya, yang di foto Parkirnya doang hahaha.

Nah karena gw tadi cuman nemu parkiran SMTown nya doang, akhirnya berangkatlah kita ke SMTown Coex Artium. Dari tempat tadi itu gw naik bis. nah kode bis nya lupa gw tapi kalo ga salah warna hijau bis nya naik sampai 3 halte bis sudah sampai di dekat SMTown nya di stasiun Samseong.

Sesampainya di halte bis dan gw musti berjalan menyebrangi lampu merah untuk menuju ke SMTown Coex Artium nya. Saat mau menyebrang, gw di sapa orang bapak-bapak Korea sedang menggunakan sepeda dan menanyakan “kamu orang mana?“. gw jawab lah “saya dari Indonesia“. Trus di balas lagi “wow indonesia sangat hangat disana ya“. Dan setelah itu terjadi lah percakapan selama menunggu lampu merah untuk bisa menyebrang ke SMTown.

Saat gw mengobrol sama orang bapak itu, kirain gw mikirnya ini bapak minta ongkos atau engga minta sumbangan gitu guys. Ga taunya ternyata gw udah seudzon aja nih sama si bapak nya. Karena obrolannya menggunakan bahasa inggris dan doi banyak ngobrol panjang lebar, gw agak sedikit keteteran translate nya jadi intinya gw ga ngerti apa yang di sampein sama si bapak tadi hahaha.

Dan untung di sebelah gw ada temen yang jago bahasa inggris nya dan ternyata doi bilang kalo beliau ngomongin soal bahwa di indonesia banyak sekali terjadi kasus pembakaran hutan. Beliau bilang stop untuk membakar hutan karena hal ini yang bisa menyebabkan global warming bahaya bagi bumi kita. Wah disini gw cuma bisa ngangguk dan tertegun doang guys.

Dan setelah lampu hijau menyala, menyebranglah gw dan berakhir juga obrolan gw dengan bapak tadi. Sesampainya di tempat SMTwon ini, jalan-jalan lah kita dan inilah hasil jepretan selama gw berada disana.

smtown bwamtrip

Setelah dari sini, berakhir lah sudah perjalanan buat explore yang berkaitan dengan K-Pop. Dan berlanjut ke trip selanjutnya yaitu ke Namdaemun.

Trip Ke Namdaemun

Tiba di Namdaemun, ceritanya disini ada pasar murah murah gitu kata temen sekamar gw. Disini memang bener suasananya seperti pasar traditional gitu agak padet dan juga sangat dingin karena anginnya sangat kencang. Disini kita ga terlalu lama karena saking dinginnya tangan sudah mulai mati rasa. Gw dan istri gw hanya beli oleh oleh yang ada nama koreanya seperti tempelan di kulkas, catut kuku, hiasan lemari, sendok, sumpit dan dari belanja tadi gw dapet bonus juga dari pedagangnya. Kalo kamu mau beli oleh oleh bisa disini tempatnya guys.

Dan hanya beberapa foto ini yang mewakilin selama gw berada di Namdaemun.

namdaemun

Berakhir lah hari ke-3 gw selama berada di Korea. Yuk ikuti lagi trip hari yang ke-4 gw, yang dimana gw baru pertama kali bertemu salju menumpuk (udah kaya orang kampung pokoknya).

7. Hari Keempat di Korea Selatan Winter

Tidak terasa sudah hari-4 gw berada di Korea, tapi belum ketemu sama salju yang bertumpukan tebal gitu di jalan. Nah, pagi pagi dengan penuh semangat seperti biasa gw bergegas buat pergi lagi trip selanjutnya. Pagi-pagi rencananya kita mau pergi ke Big Hit Entertainment. Nah ada yang tau group mana yang di bawahi sama Bighits ? yap kamu benar, BTS.

Trip ke Big Hit Entertainment

Ada cerita nih saat kita tersesat buat nyari studio Big Hit ini, banyak spekulasi bahwa udah pindah dan ada yang bilang lagi di bangun tempatnya karena memang di tempat itu sedang ada konstruksi gedung gitu hahhaa banyak deh spekulasinya. Dan akhirnya jalan terakhir nih, kita nanya ke orang dimana tempat bighits ini. Ehh ternyata tempat yang kita tanyain tadi itu gedungnya Big Hit hahaha. cuman memang tampak di bawahnya tempat toko keramik gtu tapi kalo kamu ke jalan ke pinggir sebelahnya kamu bakal nemu kantornya Big hit ini.

Begini dokumentasi dimana kita mulai tersesat dan hingga akhirnya ketemu juga kantor Big Hit nya haha.

big hits

Setelah puas berfoto-foto, bergegas lagi kita untuk ke Namsan Tower yeeeyy.

Trip ke Namsan Tower

Dari tempat Big Hit tadi, gw naik bis ke Namsan Towernya. Nah, ada tips buat lo. disini ada 2 pilihan buat sampai ke Namsan Towernya.

Pertama, kamu bisa menaiki bis dan ini yang gw pake. Ada cerita juga nih saat gw naik bis ini. Jadi ceritanya gw dan teman teman yang lain sudah sampai di halte dimana bis ini bakal berhenti. Kami kira bis ini bakal ada setiap 10-15 menit gitu ternyata kita sudah menunggu hingga 1jam kurang lebih di tempat itu namun bis nya belum terlihat juga. Dan ternyata dapet kabar bahwa ternyata bis nya ini sedang di charge gitu (soalnya yg gw denger bis nya ini pake tenaga listrik guys jadi ada jadwal charge nya gtu). Nah setelah mendapat kabar itu tadi nya gw dan yg lain mau naik taksi aja dan ternyata setelah dapet taksi nya, supir taksinya ga bisa kalo nganterin ke namsan nya. Tadi kita sudah pasrah aja mungkin bisa di reschedule besok atau lusa. Ehh ternyata rezeki ga kemana, ada kabar bahwa bis nya 10 menitan lagi sampe di halte (Hati bersorak riang hahha). Dan akhirnya kita semua menaiki bis ke Namsan Towernya.

Kedua, ini sebenernya cara gw saat pulangnya yaitu naik Cable Car gtu ke atas Namsan nya. Nah, kalo kamu naik Cable Car ini dengan pulang pergi dapet harga promo, tapi kalo sebalikan mahal harganya. Tapi kalo naik ini kamu akan melewati rumah nya Lee Min Ho di drama Legend of the Blue Sea

Jadi kamu mau pake cara yang mana ?

Nah cerita kita ngapain aja di namsan tower, lihat aja di foto berikut ini.

namsan tower bwamtrip

Dan ini foto saat gw naik cable car pas sepulang dari namsan tower. Nemuin rumahnya Lee Min Ho di drama Legend of the Blue Sea.

rumah lee min ho

Setelah dari sini, gw musti bergegas pulang ke guesthouse karena jam waktu solat ashar sudah mau berakhir.

Trip ke Myeongdong [Lagi]

Setelah melaksanakan shalat, gw bergegas dan lagi-lagi ke myeongdong. Kenapa kesini lagi ? Karena istri gw mau beli titipan temennya buat beli peralatan kosmetik dari Nature Republic dan juga Missha. Karena udah pernah kita dokumentasiin di myeongdong jadi langsung aja ini dokumentasi gw saat di myeongdong lagi. 🙂

myengdong bwamtrip

Dan berakhir lah sudah untuk hari ini trip yang gw jalanin di hari ke-4 di korea selatan

8. Hari Kelima di Korea Selatan Winter (Nami Island is The Best)

Trip ke Nami Islands

Hari yang ditunggu-tunggu bertepatan pada tanggal 14 February tiba yaitu dimana gw mau berangkat ke Nami Island. Dan tanggal ini bertepatan hari valentine bagi yang merayakannya. Dan gw beranggapan kayaknya hari ini bakal rame banget di Nami Island secara hari valentine day. Btw ke korea tanpa mengunjungi tempat ini kayak makanan kurang mecin guys haha. Okay seperti biasa pagi-pagi dengan penuh semangat kita semua berkumpul di lobby (alias depan lift dan ga bisa di sebut lobby sih haha) dan karena ini hari pertama semua yang ikut travelling #bwamtrip ikut ke Nami Island berbarengan sehingga hari ini bakal rame-rame.

Sesampainya disana, tanpa kelupaan gw untuk berfoto foto ria dahulu dan seperti biasa gw hanya bisa jadi photographer buat istri gw. Btw untuk kondisi disana itu sangat bersih loh dan juga cukup ramai mungkin karena hari ini hari valentine kali yah. Untuk perjalanan dan memasuki Nami Island gw perlu mengeluarkan biaya 10.000 won/per orang karena untuk sampai sana perlu menaiki kapal juga.

Ini hasil dokumentasi gw sebelum menyebrang ke Nami Island.

nami islands

Dan berangkatlah gw menaiki kapal menuju Nami Islands. Kapal nya cukup gede bisa mungkin mengangkut 100 sampai 200an orang kali yah. Sempat gw dokumentasiin perjalanan saat di kapal ini lewat video maupun di foto.

kapal nami

Video nya :

Sampailah gw di Nami Island, tempat paling romantis di Korea (katanya sih). Oh iyah setelah kita turun semua dari kapal tuh, yang laen malah sempet-sempet nya foto sama Oppa petugas Nami Islands nya guys. Ya emang ganteng sih wajar lah pengen foto-foto sama oppa padahal gw jg di rombongan oppa juga tapi cuman istri gw yang mau foto bareng ama gw hahaha.

Nah setelah itu, kita semua berpencar buat menikmati pemandangan di area Nami Island dan kembali ke tempat kapal tadi sekitar jam 4an. Nah ini foto foto yang kita dapatkan secara berurutan dari sesampainya di Nami Islands hingga kepulangan kita disini.

1. Pemandangan Gunung Es

nami islands

2. Background pohon yang sering di poto sama artis-artis kalo ke nami (*dalem hati: di dago pakar bandung juga ada yang begini haha)

nami island

3. Ada sungai mini disini

nami islands

4. Boneka Salju

nami boneka

5. Ini yang paling menarik, main perosotan es pake papan luncur (bikin nagih)

perosotan

6. Dekat area perosotan tadi

nami islands

7. Kalo malem kayanya bagus deh ada lampu lampunya gitu

nami islands

8. Dan foto terakhir lainnya.

nami islands

Dan berakhirlah sudah perjalanan gw di Nami Island. Selanjutnya abis ini gw mau pada ke Petite France, yuk ikuti cerita gw di tempat ini.

Trip ke Petite France.

Dari Nami Island, gw berangkat menggunakan taksi untuk ongkosnya sendiri sekitar 15000 won 20000 won tinggal kalian bagi aja misal 4 orang yang ikut. Jalanan dari Nami Island ke Petite France yang namanya kosongggggg yah bener bener kosong, jarang banget nemu mobil gitu berpapasan. Dalam hati gw enak banget yah kalo jalanan di bandung kaya gini, mau kemana-mana ga takut khawatir terkena macet.

Nah ceritanya sampailah gw di Petite France, di tempat ini gw harus mengocek tiket masuk sekitar 10.000 won per orang. Disini tempat gw ngelihat yang terakhir kali nya tutup kamera gw. Entah jatuh dimana sudah gw cari di tempat yang tadi gw laluin tapi ga ketemu juga. Akhirnya pasrah deh sampe bandung tanpa tutup kamera.

Okeh lanjut tentang perjalanan di Petite France, disini emang bagus buat foto-foto nya apalagi kalo malam hari yah banyak lampu-lampu yang bikin tambah keren hasil foto-fotonya. Cuman karena kita kesininya sore sore jadi ya masih tetep okeh sih dengan bangunannya yang unik.

Inilah hasil foto-foto gw selama di Petite France.

petite france

Dan tempat ini menjadi destinasi terakhir gw untuk hari ini. Di hari selanjutnya gw hunting lokasi drama GOBLIN, ini bakal jadi cerita yang menarik buat kamu ikuti. Yuk kita lanjut ke hari selanjutnya.

9. Hari Keenam di Korea Selatan Winter (Hunting foto lokasi film Goblin – lucu foto foto nya)

Hari ini rencananya hari ini gw ama istri mau ke tempat lokasi syuting nya Goblin. Nanti ada beberapa foto yang memperlihatkan antara Ekspetasi dan Realita. Tolong nilai yah di komentar mana yang bagus, apakah yang gw dan istri peranin atau kagak. (Hahaha hiburan…)

Trip ke Yongdap

Pagi ini gw mau ngunjungin lokasi syuting Goblin yang ada di Yongdap. Yaitu disebuah jembatan dimana ada beberapa adegan yang dilakukan disini. Salah satu nya waktu si Kim Sun (Yoo In Na) mau jatuh terus si Wang Yeo (Lee Dong Wook) menyelamatkannya dengan pose seperti anjing dan jatuhlah badan Yoo In Na ke punggungnya Lee Dong Wook. Langsung aja guys lihat foto-foto gw antara Realita dan juga Ekspetasi ini.

1. Bagusan yang mana guys pose nya ? hahaha 🙂

goblin yongdap

2. Dan ini yang papasan saat si Yoo Deok-hwa (Yook Sunjae) dan Samshin (Lee El). Bagus yang mana nih ?

goblin yongdap

3. Saat Wang Yeo dan Kim Sun saling bertatap-tatapan.

Jadi mana pilihan kamu antara ekspektasi atau realita nya hahaha. (ga usah di tanya kali yak). Misi kita di yongdap sudah terselesaikan dan selanjutnya kita beralih ke Seongsu.

Trip ke Seongsu

Nah dari yongdap gw ke Seongsu. Lanjut ya untuk lokasi tempatnya ga jauh dari Yongdap, cuman tetap harus transit 1x. Masih ingetkah kamu saat kita di culik sama 2 cewek orang korea ? nah ternyata tempat lokasi syutingnya dekat dengan stasiun ini guys haha. Di tempat ini namanya Wall Art dimana adegannya saat Kim Shin (Gong Yoo) dengan kekuatan goblinnya menemui Ji-Eun Tak (Kim Go-eun) di tempat wall art. Seharusnya gw sambil bawa buku tapi karena ga ada buku yasudah semirip mungkin hahaa. Lihat mana yang bagus menurut kamu ?

seongsu wall art realita

Nah selanjutnya mari kita trip selanjutnya ke daerah Anguk, disini ada lokasi 2 drama yg pernah gw tonton yaitu Goblin dan While You Were Sleeping.

Trip ke Anguk

Sebelum gw lanjut ke lokasi syuting Goblin. Nah masih ingatkan di hari ke-2 gw pernah trip ke Anguk. nah disana gw bilang kalo ada toko baju made in korea asli dan harganya murah ada gratisannya pula. Nah karena kemarin gw kebetulan habis batre kamera jadi sekarang gw potoin toko nya. Untuk tempatnya kalian cari sendiri ya, biar trip kamu makin menyenangkan. Jalan-jalan tanpa kesasar ga akan rame haha 🙂

Nah mari kita lanjut soal lokasi syuting Goblin yah. Masih ingatkah kamu saat di gang Ji-Eun Tak dibisikan sama hantu pake baju putih rambut panjang ? Nah kurang lebih adegannya gini, meskipun ga sama yang penting eksis lokasi nya kali yah, soalnya gw ga mau jadi hantunya. (haha)

anguk Ji Eun Tak

Dan masih di Anguk tadi, jalan sedikit ke arah jalan raya kamu bakal nemuin lokasi syuting saat pertama kali Ji-Eun Tak bertemu sama Kim Shin saat menggunakan payung warna hitam. Dan karena properti nya ga ada dan juga ga ada yang motoin jadi motin lokasi nya aja dah (haha)

Dan terakhir ini bonus buat kamu yang suka nonton drama While You Were Sleeping, ada tempat lokasi drama disini jadi sekalian aja foto di tempat ini.

anguk while you were sleeping

Nah beres deh trip gw buat nyari lokasi syuting drama Goblin. Dan lihat cerita gw di hari ke-7 ke shalat jumat di Itaewon terus pulangnya kesasar ga tau jalan, teobokki party sama yang punya guesthousenya, ke Sungai Han, Dan keliling keramaian hongdae. Penasaran ? yuk ikuti lebih lanjut guys.

10. Hari Ketujuh di Korea Selatan Winter

Hari ini tanggal 16 bertepatan dengan hari raya Imlek, tadi nya gw pikir seoul bakal sepi. Tapi ternyata perkiraan gw salah, malah ga ada bedanya. Mungkin di kota-kota tertentu kali ya (sotoy lagi). Nah sebelumnya gw dah sedikit cerita bahwa gw hari ini mau melaksanakan shalat jumat di mesjid itaewon lalu cerita setelah pulang shalat, ke sungai Han, dan melihat keramaian Hongdae.

Trip ke Itaewon

Pagi ini tadinya gw mau ngikut buat main ice skating dulu sama temen temen lain, kebetulan mereka cewek semua jadi kagak shalat jumat kan. Nah tapi setelah dipikir-pikir gw belum tahu jumatan disana kondisinya seperti apa dan akhirnya gw relain kagak ikut ice skating demi mengejar shalat jumat takutnya ga kebagian tempat shalat.

Dan setelah sampai di mesjid Itaewon, benar aja tempat wudhu ngantri nya udah puaaannnjaaanngg bangeeetttt dan mesjid juga sudah penuh. Kesalahan gw ga wudhu dulu di guesthouse seharusnya kalo mau shalat jumat di Itaewon sebaiknya ambil wudhu dari tempat kamu menginap. Inilah kondisi saat gw ngantri di mesjid. (maaf ya yg ini dokumentasinya ada di hp gw hehe..)

Padet kan? tapi alhamdulillah gw ga ngikut dulu main ice skating kalo enggak gw ga akan dapet tempat shalat.

Nah ceritanya disini gw dah kelar nih shalat jumatnya, dan gw mau balik lagi ke guesthouse karena jam 3 bakal ada undangan tteobokki party dari pemiliki guesthouse nya. Namun karena saat itu masih jam 1an, jadi gw ceritanya mau lewat jalan muter ke stasiun Itaewon nya. Jalan muter yang gw maksud sekalian gw kepengen liat jalan gang-gang sempit di korea kehidupannya kayak gimana.

Dan gw pun mulai menelusuri jalan gang sempit di itaewon. Cek deh video yang satu ini.

Nah setelah perjalanan gang tadi gw malah baru ngeuh bahwa gw kesasar dan malah ngejauhin tempat stasiun Itaewonnya.

Lihat di foto ini tempat gw foto sama mesjid nya,

kesasar mesjid itaewon

Jauh kan kesasarnya? hahhaha. Nah cuman karena kesasar gw malah foto-foto dlu, dan lumayan view nya bagus dari atas jembatan sini.

itaewon kesasar

Nah intinya kalo kesasar kaya gw hari ini, tinggal nyari aja stasiun terdekat udah kelar. tinggal lihat aja peta ke stasiun yang mau kamu tuju. Dari tempat ini gw lupa namanya daerah mana, nah karena party tteobokki nya mau segera di mulai gw pun bergegas takut terlambat dan malah dapet ampas nya doang haha.

Bukan Trip lagi tp Tteobokki Party

Alhamdulillah sesampainya di guesthouse, gw lihat acaranya belum dimulai dan ibu pemilik guesthouse nya sedang memasak tteobokkinya. Asli tteobokki disana emang enak banget guys wajib deh kamu cobain. Malahan gw ga suka rasa tteobokki yang ada di bandung yang pernah gw cobain.

Ini dia penampakan tteobokki nya. Maaf gw cuman bisa foto tteobokki nya doang soalnya perut gw dah ga nahan lapernya sampe nambah 3x gw saking enaknya.

tteobokki terenak

Setelah acara tteobokki party-nya kelar, gw mau ke sungai Han buat di foto yang ada tulisan “I SEOUL U”.

Trip ke Hangang Park [Sungai Han]

Sesampainya di tempat ini, dinginnya mirip sama pas waktu gw di Namsan Tower. Belum lagi gw ga ada sarung tangan sebelah, cuman bisa ngandelin hot pack terakhir yang pernah gw beli di indonesia. Buat foto-foto tempat ini cucok deh apalagi foto sama pasangan halal 😛

Okeh ini hasil jepretan gw selama di Hangang Park. (karena udah cape terlalu banyak edit foto jadi gw ambil dari ig istri gw)

hangang park
Setelah dari tempat Hangang Park, dan ini bakal jadi malam yang terakhir jadi gw ingin puas-puasin keliling Hongdae saja karena besok siang gw dan rekan semua harus ke bandara Incheon.

Trip ke Hongdae

Malam sudah datang dan di daerah Hongdae depan guesthouse gw rame banget. Disini tempat anak-anak muda korea berkumpul. Ada yang pacaran, ada yang nunjukin bakat dance group maupun solo, ada yang nunjukin bakat nanyi nya, pokoknya macem macem deh. Dan ga sedikit orang yang melihatnya dan malah sampe ikutan nyanyi haha.

hongdae bwamtrip

Setelah puas keliling di Hongdae, dengan sedikit rasa sedih karena bakal ninggalin korea besok hari. Tapi disisi lain ada rasa kangen juga pengen pulang. Kangen dengan rasa nasi padang pake rendang, seblak langganan gw di bandung, dan makanan berminyak lainnya. (haha)

Yuk ikutin, hari terakhir gw di Korea main ice skating harga 1000 won.

11. Hari Kedelapan di Korea Selatan Winter (Bye bye Korea, bye bye lee min ho)

Hari terakhir sudah datang, dan gw langsung bergegas pagi pagi banget. Gw berencana hari ini mau main ice skating dulu sebelum balik, karena kemaren gw ga ngikut jadi harus dan wajib main ice skating dulu. Ini menjadi pertama kali gw nyobain ice skating dan aseli banyak ternyata sangat licin dari dugaan gw. Sampe niat gw liat youtube dulu buat nyari tutorial cara main ice skating buat pemula (haha).

Tapi dari nonton itu gw jadi tau cara berdiri dan juga cara pertama kali kita mau melangkah. Alhasil gw bisa dan bikin nagih banget. Kepengennya gw lama main ice skatingnya, tapi karena keburu-buru buat persiapan pulang ke Indonesia jadi gw harus bergegas lagi pulang ke guesthouse.

Ini foto gw saat main ice skating.

main ice skating

Thank you buat kamu yang sudah ngikutin artikel perjalanan gw dari awal sampe akhir. Gw doain semoga yang baca artikel gw bisa nyusul ke Korea tahun ini. Aamiin.

Dan ini tips terakhir dari pengalaman gw buat kamu.

12. Tips dari gw buat kamu yang mau pergi ke Korea saat musim dingin.

Dan ini bakal jadi tips yang terakhir dari gw,

  • Jangan terlalu banyak barang bawaan dari Indonesia secukupnya saja.
  • Selalu bawa power bank. (saat di bandara jangan taro power bank di koper kalo engga kamu bakal disuruh ambil lagi power bank nya dr koper)
  • Hot pack bisa beli di korea kalo pengen murah.
  • Bawa uang won secukupnya, dan bawa uang dollar untuk cadangan kamu jika terjadi hal yang tidak di inginkan
  • Untuk berdua gw habis 500.000 won + $100 yang udah gw tukerin jadi total sekitar 600.000 won. Dan itu cukup untuk beli oleh-oleh. tapi kalo kamu punya uang won lebih bawa saja alangkah lebih baik.
  • Ngambil uang di korea, bisa di tempat ATM yang ada tulisan “Global ATM” dan kartu kamu harus yang ada logo VISA, CIRRUS dll.
  • Saat kepulangan kalo kamu banyak barang belanjaan, jangan terlihat rapih di koper nya, acak acakin aja, karena kalo keliatan rapih seolah-olah kamu mau jualan.
  • Selalu bawa passpor saat traveling, apalagi belanja suka ada potongan gitu buat turis.
Nah itu dia tips dari gw, dan ini menjadi kalimat terakhir yang bisa gw sampaikan. Semoga bisa menjadi inspirasi kamu dan juga bermanfaat untuk segala tips-tips dari pengalaman yang gw alamin.
Ddo bwepkessemnida (sampai jumpa lagi)

 

Gosh

I am a language trainer based in Jakarta, Indonesia. I love traveling, like a lot. I enjoy walking around, language immersion in different places, have a cup of coffee at some unfamiliar coffee shop, embrace the history or art in many different museums. I love coming across people and blending with new culture. I like having conversations with new people, blogging the stories and inspire people.

You may also like

19 Comments

  • seonidonop
    March 1, 2018 at 10:46 AM

    Informatif sekali Trip Koreanya, bner2 pasangan yang Romantis btw 🙂

    • wiidhiet22
      March 4, 2018 at 12:43 PM

      Hehehe makasih mba, semoga terhibur dan bermanfaat 🙂

  • pinkme1001
    March 1, 2018 at 10:37 PM

    kereeeeeeeeen bangeet!!!!

    sukaaa bener-bener informatif

  • Nadia Rahma
    March 2, 2018 at 8:56 AM

    Wahhh keren banget trip nya, dan benar benar beruntung bisa bersalaman sama lee min ho.

    tips nya juga ga kalah keren!!! ***** (5 bintang untuk Anda)

    • Dwi Aditya Herfiansyah
      March 4, 2018 at 12:46 PM

      Iyah beruntung banget sebenernya, yang sebelumnya ga ada niat buat ketemu. Ehh ownernya malah tiba tiba ngajak hahaha. Makasih rate nya kak!

  • Mariani
    March 2, 2018 at 1:20 PM

    wew dokumentasinya lengkap banget. mantap

  • Raynee
    March 2, 2018 at 4:28 PM

    nice trip…

  • Bayi Ibu Sehat
    March 5, 2018 at 10:52 AM

    Lengkap banget gila, foto-foto nya sama video nya bikin ngiler jadi ingin kesana. Keren mas!!

    • Dwi Aditya Herfiansyah
      March 12, 2018 at 2:13 PM

      Coba kepoin aja ig nya bwamtrip sama line nya kak, suka ada promo sapa tau harganya jadi lebih murah.Thanks komentarnya 🙂

  • andi darmawan
    March 5, 2018 at 10:59 AM

    HAHA cowo nya sendirian kang ?
    btw semua total biaya berdua sama istri jadi berapa kang yang udah di keluarin ?

    • Dwi Aditya Herfiansyah
      March 12, 2018 at 2:16 PM

      Ada sebenernya mas 1 orang bapak bapak yg berangkat sekeluarga, cuman memang ga bareng-bareng jadi anggep sendiri lah heee.
      Kalo biaya total sama persiapan yang sudah di keluarin ada kurang lebih 25 jt mas.

  • Maureen
    March 9, 2018 at 8:25 PM

    Sorry ya kak honeymoon-nya direcokin sama bocah kayak akuu hahahaha tapi kalian ini emang super romantis. Langgeng teruuss

    • Dwi Aditya Herfiansyah
      March 12, 2018 at 2:18 PM

      Hahahaha makasih maureen, malah rame di recokin daripada diemdiem bae 🙂
      makasih ya ayok next trip berangkat bareng bareng lagi 😀

  • Indah Pertiwi
    March 12, 2018 at 2:00 PM

    Romantis banget, pengen deh bareng suami juga. Foto bagus bagus semua, lucu lucu juga.

    • Dwi Aditya Herfiansyah
      March 12, 2018 at 2:20 PM

      maksudnya bareng istri kak ? hahaha iya alhamdulillah kak rezekinya istri bisa pergi kesana. ajak aja suami nya kak penuh lemah lembut pasti mau.
      Thanks komentarnya kak.

  • odaparwati
    July 15, 2018 at 11:49 AM

    Wah keren
    rental mobil

Leave a Reply

Advertisement




Follow me on Twitter

Get On Your Language

Klook.com
Klook.com