My First Backpacker by Tasha


Hai gue Tasha, lengkapnya sih Natasha tapi di kantor, gue dipanggil Kim. Hahaha. Kenapa? Karena itu nama Korea gue yang dikasih sama temen gue yang juga orang Korea dan dia ngasih nama itu biar kita 1 keluarga (marga dia juga Kim soalnya dan mayoritas bias gue juga bermarga Kim, so gue suka banget sama nama itu :P) dan inilah cerita juga pengalaman gue backpacker sendirian dengan orang-orang baru dari berbagai kalangan dan pekerjaan serta dari berbagai daerah pada tanggal 5 – 10 Januari 2015 menggunakan BWAMTrip #wintertrip2015.

 Backpacker

Biasanya gue ke luar negeri selalu menggunakan Tour & Travel, bukannya ga enak sih tapi kalau dipikir-pikir orang ke luar negeri kan mau jalan-jalan mau senang-senang jadi kalau pakai travel setelah sampai di negaranya pasti langsung diatur-atur pukul berapa harus kumpul, pukul berapa perginya dan kemana-mana harus ikutin guide. Jujur itu ga bebas sih karena gue ga bisa merasakan sensasi jadi orang lokalnya gimana, naik angkutan umumnya disana gimana dan makan makanan apa aja yang ada dijalan-jalannya itu gimana.

Kejutan dari nyokap

Suatu hari saat pulang kampung ke Palembang, nyokap dengan hati malaikatnya nawarin gue jalan-jalan ke Korea dibiayain tapi pake backpacker bukan travel. Gue sih mikirnya mungkin nyokap mau ngetes gue bisa ga pergi ke negara orang sendirian atau mungkin nyokap lagi sayang-sayangnya sama gue? Hahaha. Setelah nyokap gue nawarin backpackeran ke Korea yang dia dapet informasinya dari teman sesama gurunya itu gue pun langsung mengiyakan karena gue juga penasaran pengalaman apa yang bakal gue dapetin, temen baru dari mana aja yang bakal gue temuin serta kenangan apa yang gak bakal gue lupain? Dan perasaan bahagia apa yang bakal gue rasakan karena mengunjungi negara tempat oppa-oppa gue dilahirkan juga dibesarkan? Setelah memantapkan hati juga celengan gue pun mendaftarkan diri ke #bwamtrip dengan segala resiko yang harus gue tanggung. Segala resiko tersebut bisa kalian baca di tulisan ini…

The Day 

Sampailah pada hari H keberangkatan ke Korea Selatan. Waktu itu di Jakarta Utara hujan deras dan banjir (Oia lupa cerita, kalau akhirnya gue dapet temen sesama ELF yaitu kak Wiwin dan pada hari itu kita berangkat bareng karena kak Wiwin nginep di rumah gue) dan posisinya gue sama Kak Wiwin belom mandi hahaha dan akhirnya kami pun mandi di Bandara Soe-Ta (Ssstt rahasia ya, kalau baca ini jangan disebar kemana-mana) kita mandi sampe digedor-gedor orang yang mau ke toilet. Kita begitu bukan karena gak ada alasannya kok, kita cuma takut telat atau ketinggalan pesawat aja karena cuaca yang emang lagi labil dan banjir).

Disana gue ketemu banyaaaaak banget temen baru, dari yang muda sampe yang emak-emak. Awalnya gue ngebuntutin kak Wiwin aja tapi lama kelamaan jadi terbiasa sama yang lain apalagi emak-emak yang ikut itu orang Chinese gitu dan awalnya gue takut tapi ternyata mereka baiiiiik banget wkwkwk jadi berasa pergi sama emak gue deh.

Incheon Airport

Whoaaa akhirnya setelah 7 jam penerbangan sampe juga di bandara yang selalu jadi perbincangan para kpopers, hal pertama yang gue rasakan adalah… Dingin! Banget! Dan bagus banget bandaranya!. Itu kali pertama gue ngerasain dingin alam yang bener-bener alami bukan AC atau dinginnya Bandung. Ini super duper dingin bahkan rasanya muka gue mati rasa karena dingin. Waktu itu setelah dari Bandara kita naik bis ke guesthouse (GH). Ga seperti tour travel, backpacker itu selow banget. Mau ke GH jam berapa kita ga dikejar waktu dan mau naik apa juga bebas jadi tinggal pilih transportasi yang mana (Wetseeeh berasa CEO). Sesampainya di GH langsung disuguhin sama konsep KPOP dan bantal di kamarnya itu foto-foto member SUPER JUNIOR! Wah gue beruntung banget karena gue ELF dan berasa tidur bareng oppa (eh maksudnya bukan gitu loh) di dinding rumahnya juga ada foto-foto artis Kpop mulai dari Idol sampe aktor/aktris juga ada. Di GH juga kita ga diburu sama jadwal yang padet karena kita langsung berpencar yang mau jalan duluan tinggal jalan yang masih mau di GH juga silakan karena kan kita masing-masing punya itinerary sendiri.

All You Can Eat di Hongdae

Waktu itu kita (gue dan para peserta backpacker) diajak kak Cindy makan di daerah Seogyo-dong, Mapo-gu, Seoul untuk All You Can Eat makanan Korea seharga 10.000 WON atau kalau dirupiahin senilai Rp 120.000 (kurs 2015) karena capek akhirnya gue kalap makan disitu. Isi piring penuh dengan tteokpokki, japchae, kimbab, BBQ daging pake daun-daun yang ada di drama gitu dll semua yang disediain di buffet gue angkut ke piring (kecuali pork tentunya karena mereka juga ngasih nama masing-masing makanannya dan pork terpisah ya jadi jangan takut dosa karena haram). Setelah makan kita keliling-keliling di daerah itu (yang konsepnya kayak Myeongdong karena ada pasar yang murah-murah juga serta pernak pernik K-Pop lucu.

Trickeye Museum

Enaknya backpacker itu, kita bisa mencar sendiri-sendiri kemanapun kita mau dan hanya menentukan titik temu kalau udah capek jalan. Waktu itu gue dan peserta yang lain sehabis makan langsung ke Trickeye Museum yang berada beberapa langkah dari restaurant ini. Anehnya, gue dan peserta yang lain baru pertama kali ketemu di Bandara sebelum berangkat, ga kenal mereka siapa, gak kenal pribadinya gimana tapi pas sampe Seoul kita berasa temen deket bahkan saat di Trickeye Museum kita foto dan minta difotoin bareng-bareng dan berasa kayak udah kenal lama hahaha.

Transportasi Seoul

Selama 5 hari di Seoul gue selalu menggunakan kereta/subway dan bis kemanapun dan kapanpun perginya karena selain harganya yang bersahabat, gue juga bisa ketemu oppa-oppa asli Korea dan kebiasaan mereka disana sampe marah-marahnya orang sana gue jadi tau dan emang gak berbeda jauh sama di drama wkwkwk.

Dari Gangnam ke COEX itu jauuuuhhh

Suatu hari gue dan peserta lainnya pernah jalan ke Gangnam naik kereta, keluar dari stasiun kereta kita jalan kaki menyurusi jalan Gangnam yang sepi dan bersih. Kalau kata orang, Gangnam itu daerah orang kaya, mereka bener! Karena jalan disana bener-bener terasa berkelas, mobil yang lalu lalang adalah mobil-mobil bagus, outlet-outlet disana juga brand-brand mewah dan dokter-dokter bedah disana adalah yang bagus.

Kita jalan kaki sampe ke COEX Atrium. Capek emang karena kita jalan kaki, tapi terasa amat nikmat karena kami berjalan sambil mengobrol dan ngomongin pemandangan juga orang-orang Korea yang tertib disana. Kalau di Indonesia ketemu orang cakep kita ngomonginnya pelan-pelan atau malu-malu, di Korea sana kalau ada oppa-oppa ganteng kita selalu ngomongin dengan suara keras dan ketawa lepas karena kita tau dia juga ga ngerti kita ngomong apa hahaha.

 

Setelah dari COEX, gue, kak Wiwin dan kak Juve memisahkan diri dari rombongan (yang waktu itu mau ikut ke COEX aja) untuk tour kpop agency di daerah Gangnam. Bermodalkan map dan GPS mulut dengan bahasa korea yang terbata-bata dan bahasa inggris yang pas-pasan akhirnya kita sampe di SM Entertainment. Rame banget! Banyak fangirl yang berasal dari berbagai negara juga ada disana dan letak gedung SM yang didepan jalan dengan taman luas di depannya tidak membuat jalanan macet. Hebat yak! Kalau di Indonesia daerah artis besar gitu pasti udah macet dan kalau bisa malah dibatasin.

SM Entertaiment

Hari itu kita nihil ga ketemu bias (Super Junior) cuma ketemu member NCT yang baru sampai di SM (waktu itu mereka belum debut jadi kita belum tahu nama-nama mereka). Setelah puas foto-foto di SM kami pun melanjutkan perjalanan ke JYP. di depan JYP ada Dunkin Donut dan percaya ga percaya itu di dalem Dunkin Donut sampe keluar-luar sampe di jalanannya bahkan itu penuh sama orang yang menunggu artis JYP keluar atau datang dan ternyata setelah mendapat informasi mereka nungguin GOT7. kami duduk sebentar, kalau memang bisa ngelihat GOT7 kenapa nggak? Kami pun rela nunggu sambil berfoto-foto.

JYP Entertaiment

Berbagai macam bahasa terdengar disitu sambil beberapa kali mereka menyebutkan nama idol. Setelah sekitar 1 jam kita nunggu disana belum ada yang nongol sampe akhirnya kita memutuskan untuk ke Cube Ent yang letaknya ga jauh dari JYP. Setelah sampe di Cube, tiba-tiba terdengar dari JYP suara ribut-ribut yang sepertinya artis yang mereka tunggu-tunggu sudah datang (dan gue ga sempet balik lagi huhu).

Cube Entertaiment

Berbeda dengan SM dan JYP, di Cube malah sepi ga ada fans satu pun. Kami bingung tapi ga ambil pusing karena di depan Cube ada kedai makanan dan kami pun masuk ke dalam. Di dalam penuh dengan poster artis-artis Cube dan yang mau ke Cube nanti gue rekomendasiin untuk makan di kedai ini karena tteokpokkinya enak banget! Apalagi buat yang suka pedes, disini tteokpokki paling pedas menurut gue wkwk.

Setengah hari kami tour SM,JYP dan Cube ga ketemu artis huhuhu. Akhirnya kita pun memutuskan untuk ke Namsan Tower itu sekitar sore jam 6 an dan pake acara salah stasiun dulu akhirnya sampai Namsan itu malam jam 8 an gue, kak Wiwin dan kak Juve sampe di Namsan Tower. Cantik dan dingin. Itu yang gue rasa pertamanya. Setelah naik cable car untuk sampai di Namsan, kota Seoul terlihat lebih cantik dari aslinya. Sesampainya di atas kami membeli koin untuk naik lebih ke atas dan saat itu sudah pukul 9 malem kabut udah mulai turun dan semakin malem semakin gelap. Gembok cinta sudah dipagerin dan di atas sana sepi karena pengunjung lain sudah pada turun (beruntung kami sempat foto-foto sebentar sebelum gelap) padahal besoknya peserta tour yang lain ke Namsan juga tapi siang-siang.

 

Terjebak di Namsan Tower

Kami juga akhirnya memutuskan untuk turun tapi pas sampe di depan cable car ada tulisan menakutkan yaitu “Closed”. Nah loh, kita pulang gimana nih wkwk. Jadi inget drama BBF yang Geum Jan Di dan Gu Jun Pyo terkunci di Namsan. Kita panik, pasti. Kita naik turun muter-muter nyari orang nyari bantuan sampe cuaca yang semakin dingin aja udah ga terasa lagi saking takutnya.

Beberapa lama kemudian setelah kita berkali-kali teriak “Salyo jyoyo, salyo juseyo, Help!” (terima kasih untuk Daehan Minguk Manse yang suka ngomong bahasa itu di return of superman) berkali-kali dan akhirnya ada ahjussi nongol, hah… tenang dan rasanya lega. Tapi ternyata… itu ahjussi ga bisa bahasa inggris. Mati kita, ngomong apaan nih. Dengan bahasa tubuh akhirnya ahjussi itu ngerti kalau kita terkunci dan ga bisa pulang. Kita dikasih tau jalan karyawan ada di gang-an kecil yang basah karena kabut dan jalanan itu akhirnya nembus sampe ke parkiran bis dan malam itu kita masih beruntung karena bis yang kita tunggu adalah bis terakhir.

Thank you ahjussi

Masalah lainnya datang, bis itu cuma berhenti di terminal bis pusat kota (kalau di Jakarta mungkin cuma berhenti di Terminal Tanjung Priok sedangkan GH kita ada di Monas Jakarta Pusat. Kebayang kan jauhnya). Kita nanya kesana kemari bis selanjutnya yang ke arah GH itu kapan dan ternyata semua bis sudah berhenti beroperasi dan hanya ada taksi. Waduh, karena ga ada cara lain kita coba tanya taksi harganya berapa dan bener-bener pas dugaan harga taksi kalau dirupiahin sekitar Rp 500.000. Tekor booo, masih ada 3 hari lagi di Korea masa mau miskin dalam semalam. Kita pun duduk di bangku menunggu mukjizat (?) dateng dan bener aja, ahjussi yang kita tanyain bus (sebelumnya nanya ahjussi ini) tiba-tiba nyamperin kita lagi sambil bilang kalau masih ada 1 bis ke arah yang cukup dekat dengan GH kita. Beruntung, banget!. Kita naik bis itu dan sampe lah di depan Ewha University.

Ahjussi itu ngasih petunjuk jalan ke GH dan peta ke kita. Dengan bermodalkan nekat dan jam waktu itu sudah menunjukkan pukul 1 pagi kita pun sampe di GH, suasana Seoul malam itu sepi tapi gak menakutkan, gak kayak di drama-drama. Di dalam GH masih ada kak Cindy yang belum tidur dan dia langsung khawatir, pas kita sampe GH dia langsung menghujani kami pertanyaan-pertanyaan ditambah lagi Danny Oppa (yang punya GH) juga ikut-ikutan khawatir. Malam itu Allah masih menyayangi kami karena kami sampai dengan selamat dan itu menjadi kenang-kenangan yang gak akan terlupakan.

Nami Island

Hari-hari berikutnya kami pergi ke Nami Island, nongkrong-nongkrong di kedai pinggir jalan, nyobain Soju pertama gue yang ternyata 0,1% tapi pahiiiiit banget trus pulang makan dan minum Soju gue, kak Erik, kak Juve dan kak Nova ketemu sama oppa-oppa mabuk yang ngaku kalau ceweknya itu orang Indonesia dan oppanya ganteng.

SUKIRA! Ketemu Ryeowook Oppa

Gue juga sempet jalan dan nonton rekamannya bias gue Kim Ryeowook yaitu SUKIRA (sebelum berhenti siaran) waktu itu guest starnya gue lupa karena perempuan hahaha tapi gue inget banget kalau waktu itu (-0 derajat) dan waktu menunjukan pukul 10 KST (waktu korea) dari GH ke KBS Radio gue, kak Wiwin, kak Cindy dianterin sama Danny oppa naik mobil pribadinya (baik banget kaaaan dia, udah baik trus ganteng lagi tapi sayang udah beristri).

UNFORGOTTEN MEMORIES

Hal lainnya yang bener-bener tak terlupakan adalah saat gue dan kak Wiwin tour SuJu member cafe alias semua usaha yang dimiliki member Suju.

Mouse Rabbit

Pertama kita ke Mouse Rabbit, buat kpopers baru/lama pasti tau MoBit itu punya siapa, yup! Punya Yesung alias Yesung alias Yeye alias Dalkom alias koming alias king of ballad alias kakaknya jongjin dan banyak alias lainnya hehehe. Disana kita langsung disuguhin lagu-lagu SuJu dan lagu-lagu solo Yesung. Tempatnya cozy dan minumannya juga enak (waktu itu gue pesan yang warna biru-biru lupa namanya apa hehe) dan biar terbukti pernah kesana gue beli glass mug MoBit “what is in there” yang sekarang masih aman di lemari. Disana juga ketemu mama mertua *eh alias mamanya Yesung dan doi ketat banget sih mungkin biar profesional gitu kali ya, jadi kita pas minta foto bareng cuma boleh sekali. Waktu gue bilang “hanbon do” dia langsung bilang “no no” sambil nunjukin jari 1 yaudah deh nurut aja sama mama mertua biar gak di ceraiin anaknya (haha ngarep). Ternyataaa… besoknya Yesung dong yang ke MoBit! Huh sebel lagi-lagi belom beruntung.

Grill5 Taco

Setelah dari MoBit, gue dan kak Wiwin ke Grill5 Taco (waktu itu belum tutup) punyanya ikan yang takut air alias DongHae alias laut barat alias mulgogi alias nemo alias adenya DongHwa oppa. Sebenernya itu Taco pertama gue jadi gue rasa sih enak-enak aja kayak happy tos gitu isinya pake saos dan disini kak Wiwin (biasnya dia DongHae) beli tas dan marchendise lainnya. Disini juga kita kurang beruntung ga ketemu DongHae tapi kita ketemu kakak iparnya kak Wiwin (hahaha) yaitu DongHwa Oppa dan dia baiiiiiiiiiikkk banget! Pas kita mau pesan kan yang jadi kasirnya si oppa trus abis bayar kita ngodein gitu minta foto trus dia langsung senyum dan melayani (?) kita foto-foto deh. Ah sumpah, gak adek gak abang sama-sama ganteng dan baik. Ga salah dah gue jadi ELF.

Setelah dari sini rencananya mau ke TLJ (tous les jour) nya EunHyuk tapi kita gak ketemu alias malah muter-muter Seoul wkwk dan satu lagi waktu berangkat dari airport ke GH kita ngelewatin cafenya leader SuJu alias si tukang nangis alias si angel without wings alias si teukie teukie namanya Kona Beans dan setelah itu setiap kita pergi naik bis selalu ngelewatin cafe itu tapi ga sempet mampir huhuhu. Semua itu kita jalanin sendiri tanpa schedule yang pasti dan tanpa batasan perjalanan. Asyik deh pokoknya!

Mau ke Seoul lagi!

Segitu dulu cerita perjalanan dan pengalaman gue di Seoul, Korea Selatan dengan #bwamtrip dan setelah perjalanan tersebut kami pun kembali ke Indonesia dan baru sehari di Jakarta udah kangen Seoul lagi hahaha. Dari cerita di atas, bisa gue simpulkan kalau backpacker emang ga mudah karena harus bisa bertahan hidup sendiri dan harus saling percaya dengan orang-orang yang baru dikenal tapi diluar itu semua backpacker itu nikmat, pengalaman dan taste nya juga beda bgt. Terasa lebih fresh lah pokoknya! Next gue sama kak Wiwin mau ke Seoul lagi April 2019 dengan #bwamtrip (second trip), kira-kira pengalaman apa lagi yang bakal gue rasain yakk dan semoga sesuai prediksi kita di bulan tersebut ada encore Super Show 7! Ayo semuanya bilang AMIN ! rekomendasi nih, kalau ke Seoul JANGAN 5 HARI YA dan HARUS 8 HARI BIAR PUAS 😀

Terima kasih sudah membaca dan semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa menambah pengalaman kalian semoga bisa jadi rekomendasi juga dan semoga tulisan ini membawa keberuntungan bisa menang di #bwamgoshgiveaway. AMIN.

 

Gosh

I am a language trainer based in Jakarta, Indonesia. I love traveling, like a lot. I enjoy walking around, language immersion in different places, have a cup of coffee at some unfamiliar coffee shop, embrace the history or art in many different museums. I love coming across people and blending with new culture. I like having conversations with new people, blogging the stories and inspire people.

115 Comments

  • Lia
    March 3, 2018 at 12:49 PM

    Whoaa berarti bener ya kalo di bwamtrip bebas mau kemana aja 😂😂 ayo kak kita ke encore sushow 7 karena kalo di ina gak memungkinkan btw aku elf juga kak😂😂

  • hanyacoretanbelaka
    March 5, 2018 at 3:18 PM

    @Lia AYO banget! iya enak kan bisa kemana2 sesuka hati kita dan ga diburu waktu paling ya waktu2 tertentu aja. bener ya 2019 kita kesana lagi asikkk

    • Lia
      March 5, 2018 at 3:21 PM

      iya makanya itu kak jadi pengen >? biar enak ><

      • Lia
        March 5, 2018 at 3:21 PM

        bagi id line ya kak >,

        • hanyacoretanbelaka
          March 5, 2018 at 7:44 PM

          Add tashakim94 yaa ig sekalian @tashanissa 😂 asik ketemu elf lagi wkwk

          • Lia
            March 5, 2018 at 7:50 PM

            fllwback ya kak😂😂😂

  • satobing
    March 5, 2018 at 3:24 PM

    Gileee taaca, ke korea ga kasi kasi tau dahh ahh. tau gitu kan nitip oleh2

    ini kapan ke koreanya caa keren beudd ga nyangka ya ca bisa bikin tulisan begini wkwk.

    • hanyacoretanbelaka
      March 5, 2018 at 7:46 PM

      Wkwkwk makasiiih ka rinaa, efek jadi CS nih guee 😂

  • Dewi septiani
    March 5, 2018 at 4:02 PM

    maauuu kesana jugaaa.., 😀

    • hanyacoretanbelaka
      March 6, 2018 at 9:51 PM

      Hayuuukkk, jangan suka korea wi nanti ga bisa berhenti macem gue 😂 tapi nyobain backpacker mah harus!

  • bella fransisca
    March 5, 2018 at 7:51 PM

    proud of you kak tasyaaaaaaa.. nabung nabung biar bisa kesana juga..

    • hanyacoretanbelaka
      March 16, 2018 at 2:55 PM

      ayo nabung yak! pokoknya harus jadi nih April 2019 yak kita bertiga sama tria

  • Ines
    March 5, 2018 at 8:15 PM

    Luster Nissan Enaklah bangetggt keliling Korea back packers . Ty dong bwamtrip Polisi dimana?

  • Seni
    March 6, 2018 at 8:29 AM

    Super sekali first backpacker.

  • Iqbal
    March 6, 2018 at 3:07 PM

    Menurut gw lebih seru backpackeran dari pada ngikutin travel siiih.
    Rencanaya si akhir tahun pengin nyobain backpakeran juga kayanya Korea seru juga nih. 🙂 🙂

    • hanyacoretanbelaka
      March 16, 2018 at 3:00 PM

      makasiih kaaa, iya backpackeran emang seru apalagi kalau kita udah niat banget ke negaranya jadi waktu kayak ga berasa hehe
      recommended kak Korea *thumbs up*

  • Melinda Cantik
    March 6, 2018 at 3:10 PM

    amejingggggg ceritanya kim .. klo nanti mau kesanan lagi gw nitip hati ya buat oppa acuu.
    semoga menang ya kim ;* Cemangattttt yaaaksss

    • hanyacoretanbelaka
      March 16, 2018 at 3:01 PM

      iyuuuuuhhh oppa lu kan udah ada jangan ambil oppa oppa gue dehhh melsss

  • Lenny Marlina
    March 6, 2018 at 3:13 PM

    seru bacanya ka kim….. next kalau ke korea lagi ajak-ajak dong biar bisa ketemu oppa” ganteng hehehheheh
    kayanya backpackeran seru juga ya ka..

    • hanyacoretanbelaka
      March 16, 2018 at 3:02 PM

      wkwk siaaap nabung ae duls lu lenss baru berangkat bareng yakkk

  • shintia
    March 6, 2018 at 3:19 PM

    seru ceritaaanya. itu kalo backpakeran bisa nginep dimana aja dong kak. setau aku kyuhyun punya guesthouse ya kak? bisa nginep disana ga ya kakk? mahal ga ya kira-kira? btw aku hottest loh kak hehe

    • hanyacoretanbelaka
      March 16, 2018 at 3:04 PM

      bisa ko kalo emang mau nyoba tempat lain mah asal search dulu di google untuk harga sama tempatnya.wkwkw akhirnya ketemu hottesstttt. anw bias gue di 2pm nickhun loh shin wkwk

  • Ooh Lae
    March 6, 2018 at 3:23 PM

    Eon, aku mau nanya dong. Untuk backpacker sama travel emang bedanya jauh ya harganya????? tapi kayaknya seruan backpacker ya kak kesannya jadi kaya ngebolang di negara Oppa hahahah

    • hanyacoretanbelaka
      March 16, 2018 at 3:09 PM

      beda jauh lah suasanannya juga beda ga bisa bebas kalo travel sih menurut gue wkwk

  • Mawar
    March 6, 2018 at 3:27 PM

    Eonni ketemu siwon oppa ga disana? Gimana rasanya liat Ryeowook siaran secara langsung? Dia beneran imut imut gitu ya orangnya? uhhh enak bangeeetttt. Mau deh kaya eonni 🙁

    • hanyacoretanbelaka
      March 16, 2018 at 3:10 PM

      siwon sih ga ketemu soalnya ga sempet nonton konser huhu tapi ketemu bias gue dong siaran malem2 kedinginan wkwk

  • indri puspita sari
    March 6, 2018 at 3:32 PM

    kim kalo gue jadi lu gue seneng kekunci sendirian di namsan tower berharap opaopa ganteng nyelametin gue kek yg di drakor2 gitu <3
    semoga bisa kekorea lagi ya kim :*

    • hanyacoretanbelaka
      March 16, 2018 at 3:11 PM

      tapi kalo lu yang kekunci sih gue rasa ga ditolongin, paling kata bapak2nya disana “yah anak ilang nih kayaknya” wkwkwkwkwkwkwk

  • Dyah Ayu Trisdayanti
    March 6, 2018 at 3:39 PM

    jadi ini bener-bener pertama kalinya ke luar negeri sendirian???? gillllsssssss berani bener tp ga apa” deh untung ketemu bias. kalau ketemu bias gue gue titip salam tuh sayang nya ga ketemu hikssss hiksss

    • hanyacoretanbelaka
      March 16, 2018 at 3:16 PM

      iya kali ini sendirian sihh cuma kalo sama keluarga mah udah sering wkwk. next hayukk dong berangkat bareng biar ketemu Heechul 😀

  • fahraini
    March 6, 2018 at 3:43 PM

    uihhhhh keren kali dabah!! mantap nde!! keknya seru kali lah itu. kek kek ngebolang gitu bebas rasanya kemana-mana. kalo nanti ada waktuku ada uangku kek gitulah aku kak…. 😀

    • hanyacoretanbelaka
      March 16, 2018 at 3:17 PM

      oooo nande, nabung lah kam biar kita bisa bareng-bareng ke Korea. amiin semoga cepat punya uang mu dan luangkanlah waktumu ndeee.

  • christina
    March 6, 2018 at 6:59 PM

    Keren
    pemanfaatan masa muda yg kreatif

  • Ais
    March 6, 2018 at 7:24 PM

    Wih keren nih!

  • prita salsabila
    March 6, 2018 at 7:59 PM

    Huwaaaaaa ayuu mau ikutt ke seoul nanti:((( enak banget dah baca ceritanya, asik gitu ih bisa keliling keliling seoul kan mau liat oppa oppa disana juga, siapa tau ada yg kecantol ya kan wkwkwk

    • hanyacoretanbelaka
      March 16, 2018 at 3:24 PM

      makanyaaaaa cepetan lulus kuliah, cepetan kerja biar punya gaji sendiri nanti kita jalan2 ke luar negeri bareng backpackeran wkwkw jangan ngandelin emak muluuuu

  • Ma'mun Murod
    March 6, 2018 at 8:10 PM

    Manfaatkan masa mudamu sebelum datang masa tuamu ….

  • arumpuri
    March 6, 2018 at 8:17 PM

    kerennn.. kerennn. jadi pingin nyoba ke korea… seruuu baca postingannya.

    • hanyacoretanbelaka
      March 16, 2018 at 3:26 PM

      Terima kasiiiih 😀 yuk ke korea kak, bagus loh negaranya cantikkk apalagi kalau musim dingin hehe

  • Aihara 12
    March 6, 2018 at 8:27 PM

    Good

  • Audina
    March 6, 2018 at 8:27 PM

    Aamiin. Ayo ka asa cepet cepet ke korea lagi biar bisa sharing2 pengalaman seru backpackeran kaya gini!!!

    • hanyacoretanbelaka
      March 16, 2018 at 3:27 PM

      hehehe terima kasih dinaaaa, amiin semoga lancar bisa kesana lagi yakkkk doain yaaaa

  • ibrahim as
    March 6, 2018 at 8:40 PM

    Perjalanan yang mengesankan dan cukup berani sampai2 terjebak dlm ruangan yg telah ditinggal penghuninya, hati2 ya tasha utk selanjutnya. Good stories

    • hanyacoretanbelaka
      March 16, 2018 at 3:28 PM

      iya nek terima kasih 😀 next akan lebih hati-hati supaya ga keulang lagi tapi seru sihh hehe

  • Atonka
    March 6, 2018 at 8:43 PM

    Pingin banget ke korea, ealah ternyata anak temenku dah nyampe duluan deh, bikin ngiri ajah….korea negeri idamanku nantikan kedatanganku…..

    • hanyacoretanbelaka
      March 16, 2018 at 3:29 PM

      hehehe makasih tante, korea bagus loh tan apalagi kalau winter (karena baru kesananya pas winter sih hehe) ayo tan ajak temennya ke korea, aku mau ke korea lagi lohhh hehe

  • Fadli
    March 6, 2018 at 8:45 PM

    Seruuuuu jd pengen Ke Korea. Backpacker ternyata luar biasa

  • Maseko
    March 6, 2018 at 8:49 PM

    Tulisan yang sangat inspiratif dan memberi gambaran utuh tentang Korea

  • Nurdiana
    March 6, 2018 at 9:01 PM

    Keren bisa mandiri tanpa ada ortu. Bisa berani mencoba pengalaman. Kim kapan rencana le sana lagi? Ikut dong….

  • Danang Afrijal
    March 6, 2018 at 9:03 PM

    Waaahh… Seru yaaa.. Keren banget.
    Jadi pengen..
    😊😊😊
    👍

  • Sri Hero
    March 6, 2018 at 9:18 PM

    Baru baca tulisannya aja dah seru gini pa lagi klo langsung ke Korea duhhh…

  • Budiarti
    March 6, 2018 at 9:46 PM

    Luar biasa

  • Budiarti
    March 6, 2018 at 9:49 PM

    Luar biasa, pengalaman yang indah

  • Nurul F
    March 6, 2018 at 10:02 PM

    Wooww…cerita perjalanan backpackers nya runut bgt. Sambil baca cerita ini jadi ngebayangin Korea. Iihhhh…jadi mo ke Korea.
    Cerita ini bisa buat panduan nih dari mulai objek wisatanya, makanannya, sampai transportasinya.
    Kereeennn….

  • Cembul
    March 6, 2018 at 10:02 PM

    Haduhhh.. Jadi pengen ke sana jugaaaa
    Harus banget nabung nih, biar bisa kesana kayak ka taaacaaaaaaa

  • Ireen Choi
    March 6, 2018 at 10:04 PM

    Huaaaahhh bikin pengen backpacker an juga 😢😢😢😄😄😄
    Pengen jalan jalan ke seoul tanpa diatur atur jam nya 😃😃

  • Ibrahim
    March 7, 2018 at 10:09 AM

    siiip, kapan ya bs kesana lg, dl pernah hanya sehari

  • Asnah
    March 7, 2018 at 1:34 PM

    Cerita seru dan backpacker dgn bwamtrip buat mupeng, jd pengen ikutan.
    Nabunggggg biar bisa lihat namtower
    Sukses yah Tasha.

  • Inka
    March 7, 2018 at 3:05 PM

    Wow keren banget pengalamannya…. Lanjutkan yaaaa💃💓

  • nurhayti
    March 7, 2018 at 4:06 PM

    Petualangan yang menyenangkan, bisa menjadi inspirasi bagi orang lain , selamat ya bisa berkunjung ke Korea.

  • Dien Annur Kinanthi
    March 8, 2018 at 7:41 AM

    emejingggg, seru banget ka kim, ikut dong wkwkwkkwkwkwkwkwkwk

  • Hamdana Fitri
    March 9, 2018 at 8:21 AM

    Smoga gw juga bisa nyusul kesana 😂😂😂

  • Alwiyah
    March 11, 2018 at 8:58 PM

    Terimakasih, sangat menginspirasi kisahnya, asyik bacanya, nambah info buat bekal yg mau ke Korea.

  • asyabelaa
    March 16, 2018 at 7:05 AM

    Kereen kiiim!! emang mentor terbaik dah ceritanya bagus wkwkwk lain kali ajak gue yakk 😀

  • Widya
    March 16, 2018 at 7:10 AM

    Bagus kak ceritanyaaa semoga menang yaaa semangat!

  • Chitra
    March 16, 2018 at 7:19 AM

    Semangaaat ka kiim semoga menaaang 😘

  • Annisa
    March 16, 2018 at 7:22 AM

    Kereen kak kirim, ini klo menang emang hadiahnya apa?

  • vanni
    March 16, 2018 at 7:25 AM

    ceritanya bagus kaak, lain kali bikin cerita kayak gini lagi yaaak hahah

  • novia
    March 16, 2018 at 7:34 AM

    jadi pengen coba backpackeran 😁

  • Miftahul
    March 16, 2018 at 7:45 AM

    Semangaat kak kiiim semoga menaaaaang:-)

  • Fadillame
    March 16, 2018 at 7:55 AM

    Keren jugaa cong tulisan luu wkk

  • Eva
    March 16, 2018 at 8:26 AM

    Wooww… Amazing tasya pengalaman Backpackernya.. Jd kepingin … Semangat travelling BP nya jd tak tertahan nih… Jd lupa umur…ajak2 dong kalo kesana lg… Ngarep. Com… Hehe

  • Vian
    March 16, 2018 at 8:36 AM

    Bagus kiiim ceritanya semoga menaaaang

  • yeyet kusmayati
    March 16, 2018 at 10:09 AM

    Saya mendukung, dan mengapresiasi tulisan anda, luar biasa pengalamannya. Semoga sukses dan berhasil dalam lomba menulisnya. Selamat berjuang. Salam bu yeyet

  • Ellin Harlini
    March 16, 2018 at 11:51 AM

    Mantab… kereen abizzz @Tasha#luarbiasa

  • MeimiAprda
    March 16, 2018 at 2:03 PM

    Kak tashaaa Ceritanya bagus dan menarik.cocok untuk dijadikan inspirasi untuk para kpop-ers lainnya(para pencinta bias).Tulisan yang sangat panjang bisa dijadikan inspirasi😊 dan tentunya ini keren sekali kak💪semoga bisa kesana lagi ya😉sukses teruss😇😇
    #MeimiTriAprida7f

    • MeimiAprda
      March 16, 2018 at 2:47 PM

      Kak tashaa ceritanya bagus banget😇.Terus juga ceritanya sangat menarik.Cerita yg sangat menginspirasi.rInspirasi untuk para pencinta bias,tulisannya panjang banget tapi seru untuk dibaca😆.Tulisan yg sangat menginspirasi.semoga bisa kesana lagi ya💪dan sukses terus😇dan bisa kadi pemenangnya keren😉good luck👍

  • nayla athaya
    March 16, 2018 at 2:38 PM

    saya nayla athaya gunawan ank kls 7f dari smp 266 jakarta utara .
    Menurut saya cerita kakak luar biasa,karna bisa menginspirasikan banyak orang untuk hidup mandiri tanpa ortu,dan saya juga ingin seperti kakak yg mandiri.semoga impian saya bisa mandiri tercapai…

    suksess trus kak untuk bikin cerita nya

  • rahmah
    March 16, 2018 at 3:20 PM

    keren banget kak, baca ceritanya seru bahasanya ringan. semangaaat kakaaa mentorrr

  • Nadia
    March 16, 2018 at 3:23 PM

    Oooh ini cerita yg daritadi lu promosiin wkwk semangaat kak kiiim semoga lancar terusss

  • Ummu Arifatul Karimah
    March 16, 2018 at 5:48 PM

    Nama saya Ummu Arifatul Karimah sekolah di Smpn 266 jakarta kelas 7f
    Ceritanya sangat menginpirasi saya karena untuk pergi kesana yang dari dulu kota yg impikan akhirnya tergambarkan kotanya dari cerita tersebut .
    Terima kasih ceritanya sangat menginpirasi saya

  • Dina Noviyanti
    March 16, 2018 at 7:16 PM

    Kak tasha ini ceritanya sangat bagus dan menarik😊dan berinspirasi untuk para anak anak . untuk belajar hidup mandiri😃 tanpa bantuan orang tua dan bantuan orang lain😇dan buat para penyuka kpop korea 😂.semangat y kak👍semoga sukses dan bisa ke korea lagi 😅

  • Neysi
    March 16, 2018 at 8:23 PM

    Itu budget yang dibutuhkan keseluruhannya sekitar berapa juta ya? Aku tertarik nih hehehe

    • agilre
      March 17, 2018 at 7:06 AM

      Kak tash cerita yg saya baca bagus dan 😙menarik buat semua orang bisa belajar cara hidup mandiri pokoknya bagus banget dah 😘 semoga sukses kerjanya kak tasha

  • mutia febriyanti
    March 16, 2018 at 8:59 PM

    Hai ka tasha🙋

    Aku mutia febriyanti
    Asalku dari jakarta utara
    Sekolah ku SMPN 266 JAKARTA
    Pass aku membaca pengalaman ka tasha aku pun menjadi terinspirasi oleh pengalaman kaka
    Karna kaka itu emng suka kan sama korea?? Dan emng karna kk udh pnya kesempatan pergi kekorea wahh akhirnya impian kk terwujud dan aku juga sama seperti kk yg mempunyai impian tetapi gk tau kesampaian atai tidak karna aku hanya bisa berdoa sih?😌
    Intinya pengalaman dri cerita kk tdi ituu sangatt bguss ka sampe sampe aku semakin yakin dengan impian ku…baiklah itu aja sih yg pengen aku sampein jdi good lock untuk kk semoga sukses😊❤
    Salam dri kami smpn 226 jakarta

  • Garis Rayya Rabbani
    March 16, 2018 at 9:02 PM

    Wow!!!Hebat perjalanan yg luar biasa….Dari sesuatu impian. Menjadi sebuah kenyataan
    Dari cerita ini kita bisa hambil kesimpulan yaitu dari keinginan kita yg impi impi kan menjadi sesuatu yg menjadi kenyataan …..Dari yg mungkin menjadi mungkin…Dan itu juga sangat menginspirasi dari pengalamn ka tasha untuk semua orang….#GarisRayyaR
    #7f

  • Aura aulia
    March 16, 2018 at 9:03 PM

    Hay ka asalamualaikum nama aku aura aulia sekolah di smpn 266 jakarta utara kelas 7f. Menurut aku cerita kaka sangat bagus,cerita kaka juga bnyk mengandung manfaat yang positif dan mengispirasi bagi aku dan orang lain dari cerita kaka aku belajar menjadi mandiri dan berteman dngn siapa sajaa..
    Asalamualaikum wr.wb

  • Garis Rayya Rabbani
    March 16, 2018 at 9:04 PM

    Wow!!!Hebat perjalanan yg luar biasa….Dari sesuatu impian. Menjadi sebuah kenyataan
    Dari cerita ini kita bisa hambil kesimpulan yaitu dari keinginan kita yg impi impi kan menjadi sesuatu yg menjadi kenyataan …..Dari yg mungkin menjadi mungkin…Dan itu juga sangat menginspirasi dari pengalamn ka tasha untuk semua orang….#GarisRayyaR
    #7f ok

  • Permata Sari
    March 16, 2018 at 9:07 PM

    Beruntung banget jadi ka tasha bisa ke korea di biayain lagi sma mama nya, beruntung banget deh.ka tasha beruntung bangem punya mama yg baik mau bayarin ke korea.

  • Roki Fernando
    March 16, 2018 at 9:17 PM

    Icon FB.
    Saya inging seperti anda .suatu saat saya akan kesana jga…

  • Siti badriah
    March 16, 2018 at 9:24 PM

    Ka tasha 😊ceritanya sangat bagus dan sangat menarik 👌👌cocok untuk yang menyukai kpop-ers ( pecinta bias) ❤
    Ceritanya lumayan panjang 😊 tapi sangat bagus dan menarik untuk di inspirasi.
    Saya sangat suka dengan ceritanya 😊👌👍❤
    Semoga ka tasha bisa ke sana lagi ya 😊 sukses trus & semangat ya ka 💪…aminn
    #Siti badriah 7 f

  • Rika Shakiah
    March 16, 2018 at 9:32 PM

    Dari pengalaman kak Tasha. Saya jadi mengerti bahwa kemandirian dan keberanian harus ada dalam diri seseorang ☺. Karna tidak mungkin jika seseorang hidup dengan mengandalkan orang lain 😇. Terimakasih kak Tasha karna cerita kak saya jadi terinspirasi untuk hidup mandiri ☺ dan berani. Semoga sukses terus kak Tasha 😊.
    #Rika shakiah 7f.

  • MeimiAprda
    March 16, 2018 at 9:41 PM

    Hai kak tasha assalamu’alaikum👋
    Aku mau memberi pendapat aku nih
    Menurut aku cerita nya bagus bgt hehe😊,jadi membuat semua orang terinspirasi banget.
    Walaupun bahasanya kekinian banget tapi untungnya aku ngerti😁
    Maaf sebelumnya aku komen lagi.yg tadi salah maaf
    Alur ceritanya teratur sekali bagus👍👍untuk para pencinta bias yg pngen ke korea bisa baca cerita kak tasha ini👆Artikel yang sangat bermanfaat sekali. Kesimpulan dari cerita kak tasha :tetaplah berusaha hingga semua keinginan kita tercapai😉
    Always good luck kak @tasha 😘😘
    #meimitriaprida7f

  • Šĺvï Mřśh
    March 16, 2018 at 9:47 PM

    Asalamualaikum Nama sya Selvi Marisah Desiyanti kls 7f Dari SMPN 266 Menurut Saya Crita Ini Sangat Bagus Dann Menarik Saya Suka Crita Ini Sangat Bagus Trima Kasih Ya Kakaa Tasha ❤️

  • Rahma dwi aryani
    March 17, 2018 at 9:47 AM

    Assalamualaikum wr wb

    Hay kak tasha saya rahma dwi aryani
    Dari smp 266 7f
    Cerita kk sangat menginspirasi sekali
    Cocok dijadikan cerita inspirasi
    Semangat terus ka 💪 good luck😉

  • Suci Novia Triani
    March 17, 2018 at 10:52 AM

    Assalamualaikum saya Suci Novia Triani kelas 7E SMPN 266 Jakarta Utara.
    Menurut saya cerita ka Tasha sangat bagus sekali karena bisa menginspirasi kan banyak orang degan hidup mandiri.
    Semangat dan sukses selalu ka Tasha

  • Syifa mawarni
    March 17, 2018 at 10:55 AM

    Assalammualaikum kk Tasha😊 nama saya syifa mawarni kls7 H dari SMPN 266 Jakarta, menurut saya cerita nya menginspirasi bgt buat pencinta K-pop apa lagi para kpoper😄 cerita nya bagus banget sampe kebayang kalo ada di korea. Jadi kesimpulan cerita kk Tasha, tetap berusaha sampai apa yang diinginkan tercapai😉
    Always good luck ka Tasha❤

  • Darajati
    March 17, 2018 at 1:47 PM

    Halo kak Tasya nama saya Dara saya sekolah di 266 saya pengen komen ke kakak oh iya saya ini baru Pertama kali komen tetang orangka pokoknya saya pengen komen nih ka menurut saya tulisan kakak itu bagus banget dan menginspirasi. pertama menurut saya jalan jalan ke negara orang tanpa tour travel itu cukup bagus karena membuat kita bebas dan lebih bisa mengenal banyak orang di negara orang. Kedua kalau kita pergi tanpa orang tua kita bisa lebih mandiri dan dpt pengalaman baru yang seru. Ketiga kalau kita ke negara orang kita jadi bisa tau hal-hal baru. Pokoknya tulisan kakak itu bagus dan menginspirasi banget, oke kak Tasya itu aja komen aku yang panjang kaya kerete api berjalan dan bikin pingsan kalau baca. semoga kakak bisa jalan jalan lagi dan menginspirasi lagi ,dadah kak Tasya yang ganti nama jadi Kim kalo di korea

  • Devan syawal
    March 17, 2018 at 2:27 PM

    membaca tulisan ka tasha dengan semua tempat yang di kunjungi dan makanan2 disana membuat aku ikut merasakan apa yg ka tasha rasakan disana (Korsel) dan pastinya sangat menyenangkan dan memberi pengalaman baru dalam traveling. Sangat memicu rasa ingin tahu aku menjadi backpacker seperti kakak(DEVAN SMPN 266)

  • Ranna Piranti
    March 17, 2018 at 5:01 PM

    Assalammualaikum kk tasha.nama saya Ranna Piranti kls 7H dari SMPN 266 Jakarta Utara,menurut saya cerita nya bagus banget cocok buat pecinta K-Pop apalagi buat kpoper.jadi pengen ke Korea,dan ngebayangin kalo ada di korea, ceritanya menginspirasi buat hidup mandiri

  • Zidan zein
    March 18, 2018 at 3:01 PM

    Woww seru bgt tournya,jadi ingin ke sana

  • Zidan zein
    March 18, 2018 at 3:08 PM

    Woww seru banget tournya,jadi pngen ke sana

  • Zidan zein
    March 18, 2018 at 3:16 PM

    Woww seru banget tournya jadi pengen ke sana

    • Zidan zein
      March 18, 2018 at 3:21 PM

      Ehh.. Maaf sampai tiga kali lgi eror

  • Zidan zein
    March 18, 2018 at 3:30 PM

    Seruu ka.. Perkenalkan sy Zidan zein alfalaqi sy kls 7e. Dr cerita kk jdi pengen ikut blacpaker,jujur bahasa ini aneh dan sy ga tau apa ini. Tp setelah baca cerita nya jdi tau apa itu BLACKPAKER. YA SO lanjut ya kak atas mimpi nya. Sukses tuk semua

  • LehautDupanier.com
    November 26, 2019 at 9:39 AM

    Salah satu wishlistku, semoga bisa terwujud tahun depan

    • Gosh
      Gosh
      February 12, 2020 at 7:46 PM

      Amin.

  • Desain Eksterior
    November 26, 2019 at 9:40 AM

    Wah keren banget ya tempatnya, beneran gasabar kesana

Comments are closed here.

Advertisement




trazy.com
Klook.com