Panduan Membuat Visa Korea Selatan Single dan Multiple-Entry


Kamu suka K-Pop? Atau pengen makan kimbab langsung di negara asalnya? Atau jalan-jalan keliling Seoul sambil pakai Hanbok? Ya apapun itu yang pasti kamu sedang berencana untuk mengunjungi negeri ginseng Korea Selatan (selanjutnya akan disebut sebagai Korea) kalau kamu nyasar ke blog ini terutama ke post ini karena kamu tahu untuk kesana diperlukan visa Korea.

Pertanyaan yang paling sering diajukan oleh calon peserta BWAMTrip adalah bagaimana sih mengurus visa Korea itu? Sulit nggak sih? Saya bisa bilang, mengurus visa apapun itu pasti ada deg-deg syur nya, apalagi ada rumor mengatakan kalau kedutaan Korea itu termasuk kedutaan yang ketat dalam memberi visa. Walaupun sebenarnya mengurus visa Korea itu mudah asal kita melengkapi semua persyaratan yang diminta dan juga semua berkasnya jelas.

Pertama kali mengurus visa Korea itu sekitarnya empat tahun lalu saat masih mengajar di sebuah Lembaga Bahasa, salah satu alasan terbesar saya waktu memutuskan mengajar di Lembaga Bahasa yang jam kerjanya seperti orang kantoran adalah karena saat itu mau mengajukan visa Korea dan saya memerlukan surat keterangan kerja (hihihi). Well, at least I have a reason why I did something back then.

Setelah melakukan research dari internet dan dari orang-orang yang saya kenal yang tentunya sudah pernah mengajukan visa Korea mengenai syarat-syarat pengajuan visa. Untuk mengurus Visa Korea, sebenarnya tidak terlalu rumit dan sulit apabila dibandingkan dengan mengurus visa lainnya.

Persyaratan Dokumen Visa single-entry

Persyaratan dokumen utama yang diperlukan berdasarkan situs resmi Kedutaan Besar Republik Korea dan beberapa hal yang saya tambahkan berdasarkan pengalaman mengurus visa peserta BWAMTrip dibawah ini yang saya urutkan supaya mempersingkat waktu tunggu saat kawan-kawan mengajukan visa;

1. Formulir Aplikasi Visa dengan satu lembar foto yang ditempel pada kolom foto dan ditandatangani.

2. Pas foto ukuran 3,5 x 4,5 berlatar putih, 2 lembar. (Salah satu foto ditempel pada formulir aplikasi visa.

3. Paspor asli dan fotokopi pada halaman identitas, halaman paling belakang beserta visa dan cap negara-negara yang telah dikunjungi. Paspor harus masih berlaku minimal 6 bulan sebelum keberangkatan. Jika mempunyai paspor lama maka paspor lama juga harus disertakan dan di fotokopi juga

4. Surat Keterangan Kerja Asli

  • Jika berstatus karyawan: Surat keterangan kerja atau surat sponsor (isi suratnya menyatakan kalau kita adalah karyawan mereka dan menjamin kalau kita akan kembali ke Indonesia)
  • Bagi freelancer/wiraswasta: surat pernyataan yang dibuat sendiri, isinya menyatakan kalau kita adalah freelancer atau wiraswasta yang bergerak dibidang apa)
  • Untuk ibu rumah tangga: surat jaminan dari suami – dibuat oleh suami yang isinya menjamin kalau istrinya akan kembali ke Indonesia)
  • Untuk orang-tua yang dibiayai oleh anak: surat keterangan di atas materai yang ditandatangani oleh anak dan menyatakan kalau akan pergi liburan ke Korea Selatan dan semua ditanggung oleh anak.
  • Jika yang masih kuliah atau sekolah dan biaya perjalanannya akan dibiayai orangtua: surat keterangan dari kampus atau sekolah dan surat pernyataan orang-tua.
  • Tambahan jika sudah pensiun, harap menyertakan surat keterangan pensiun.

5. Dokumen Keuangan

  • Rekening Koran 3 bulan terakhir (dilegalisir bank akan lebih baik). Untuk yang biaya perjalanannya akan ditanggung orangtua atau suami/istri/anak, maka rekening koran yang diberikan adalah rekening orangtua, suami/istri/anak yang menanggung.
  • Surat referensi bank dalam bahasa inggris; surat referensi bank atau surat keterangan bank adalah surat yang menyatakan kalau kamu adalah nasabah bank tersebut.
  • Slip Gaji 3 bulan terakhir (fotokopi)
  • Bukti Potong Laporan Pembayaran Pajak (SPT); yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak RI; jika tidak mempunyai surat ini, bisa membuat surat keterangan yang menerangkan alasan tidak mempunyai surat ini dan di tandatangani diatas materai.

6. Fotokopi Kartu Keluarga, fotokopi KTP, dan akta lahir atau akta nikah.

Saat saya mengajukan visa single entry, fotokopi tiket dan pemesanan penginapan diperlukan untuk kelengkapan dokumen tetapi sejak beberapa waktu lalu, kedua dokumen tersebut tidak lagi menjadi persyaratan jadi tidak perlu dilampirkan.

Persyaratan Dokumen Visa multiple-entry

Untuk visa multiple-entry yang berlaku selama 5 tahun, persyaratannya sama dengan visa single-entry, hanya saja setidaknya kita pernah mengunjungi Korea Selatan satu kali sebelum mengajukan visa multiple-entry atau pemegang visa Negara OECD dan pernah mengunjungi Negara OECD minimal 1 (satu) kali, maka kamu dimungkinkan untuk mengajukan Visa multiple-entry.

Negara OECD terdiri dari 22 Negara seperti berikut ini; Austria, Belgium, Denmark, France, German, Greece, Iceland, Ireland, Italia, Luxembourg, Netherlands, New Zealand, Norway, Portugal, Spain, Sweden, Swiss, England, USA, Canada, Australia, Finland.

Proses Pembuatan Visa

Pengajuan aplikasi visa dapat dilakukan dari jam 09.00 – 11.30 dari senin – jumat; saya sarankan datanglah pagi supaya menghindari antrian panjang.

Adapun proses pembuatan visa Korea single-entry yaitu minimal 6 hari kerja, dihitung satu hari setelah hari penyerahan dokumen, tentu saja proses bisa lebih dari 6 hari kerja jika dokumen dianggap belum lengkap dan interview diperlukan). Tentunya ini sangat berbeda dengan visa multiple-entry yang memakan waktu 1 hari kerja. Makanlah yang banyak untuk menghindari kepala cenat-cenut dan jantung berdebar karena menunggu visa disetujui #tips.

Pengambilan visa dapat dilakukan pada jam 13.30-16.30 dari senin – jumat. Apabila ada hari libur Nasional Indonesia dan Korea maka pengambilan visa dapat dilakukan keesokan harinya.

Harap diingat selama proses pembuatan visa, paspor tidak boleh dipinjam, maka pastikan kamu tidak sedang memerlukan paspor ketika sedang mengajukan visa Korea.

Biaya Pembuatan Visa

Ada beberapa macam biaya pembuatan visa tergantung dengan jenis visa yang akan kamu ajukan, namun biaya visa yang paling sering dibutuhkan adalah seperti dibawah ini;

  • Single Visa (Visa kunjungan dibawah 90 hari) : Rp. 544.000,-
  • Single Visa (Visa kunjungan diatas 90 hari) : Rp. 816.000,-
  • Multiple Visa (Berlaku untuk 5 tahun) : Rp. 1.224.000,-

Biaya visa tidak dapat dikembalikan apabila dibatalkan proses pengajuannya atau visa ditolak oleh pihak Kedubes Korea.

Panduan Pengisian Formulir Aplikasi Visa Korea

Aplikasi Visa Korea ini terdiri dari lima halaman, dan dua belas bagian isian. Setelah mengunduh filenya, kamu bisa mengisinya mengunakan tulisan tangan, ataupun dengan ketikan yang kemudian dicetak. Jika kamu mengisi dengan tulisan tangan, pastikan mengisi dengan huruf balok dan tinta hitam supaya jelas terbaca.

Untuk pengisian formulir aplikasi, terdapat dua aksara, yaitu alfabet dengan bahasa Inggris dan aksara Korea yang dapat kamu pilih salah satunya untuk moda pengisian. Apabila ada pilihan ganda, gunakan tanda centang (√) untuk mengisi. Terakhir, apabila kamu menjawab “Other” maka tulislah jawabanmu pada kolom isian yang tersedia.

visa korea

1. Personal Details

1.1 Family Name & Given Names: Tulis nama belakangmu pada kolom family name, dan sisanya pada kolom given names. Di Indonesia, family name bisa berarti marga, atau kata paling belakang dari namamu.

1.2 한자성명 漢字姓名: Ini diisi hanya jika kamu mempunyai nama dalam huruf hanja.

1.3 Sex: Centanglah pada bagian Male apabila kamu pria, dan Female apabila kamu wanita.

1.4 Date of Birth (yyyy/mm/dd): Isilah dengan tanggal lahir kamu dalam angka, dengan urutan tahun, bulan, hari. Misalkan jika kamu yang lahir 17 Agustus 1945, maka kamu dapat mengisinya dengan 1945/08/17. Urutan tanggal seperti ini akan selalu dipakai untuk semua urutan waktu dalam formulir ini.

1.5 Nationality: Tulis Indonesia, apabila kamu adalah Warga Negara Indonesia.

1.6 Country of Birth: Isi dengan nama negara tempat kelahiran kamu, bukan kota ya.

1.7 National Identity Number: Isilah dengan no KTP kamu, jika kamu belum punya KTP —

1.8 Have you ever used any other names to enter or depart Korea? Jawab ‘No’ apabila kamu tidak pernah memasuki Korea dengan nama samaran.

1.9 Are you citizen of more than one country? Apabila kamu hanya berkewarganegaraan satu, maka jawablah NO.

2. Details of Visa Issuance Confirmation

Bagian dua, hanya diisi apabila kamu telah mendapat konfirmasi penerbitan visa yang diberikan oleh Kantor Imigrasi Korea Selatan. Maka apabila kamu tidak mempunyainya, sebaiknya dikosongkan saja, karena tidak ada nilai minus apabila kamu tidak menjawab bagian ini.

3. Passport Information

Bagian ini adalah bagian yang bertanya tentang detail informasi dari paspor yang kamu miliki.

3.1 Passport Type: Pertanyaan ini bertanya tentang tipe paspor yang kami miliki saat ini. Kamu cukup memberikan tanda centang pada jenis paspor yang kamu punyai, apakah Diplomatic, Official, Regular, atau Other.

3.2 Passport Number: Isilah dengan nomor paspor yang kamu punyai.

3.3 Country of Passport: Isilah dengan nama negara penerbit paspor kamu.

3.4 Place of Issue: Isi dengan tempat penerbitan paspor kamu atau nama imigrasi tempat kamu membuat paspor, misalnya ‘Jakarta Utara’.

3.5 Date of Issue: Isilah dengan tanggal penerbitan paspor kamu, dengan format tanggal YYYY/MM/DD seperti di atas.

3.6 Date of Expiry: Isilah tanggal berakhirnya paspor kamu, dengan format tanggal YYYY/MM/DD seperti di atas.

3.7 Do you have any other valid passport? Apabila kamu masih mempunyai paspor lain yang masih berlaku jawab dengan ‘Yes’ dan isikan detailnya di bawah. Apabila ‘No’ maka kamu bisa langsung melaju ke tahap berikutnya. Jangan di isi dengen no paspor lama kamu yang sudah tidak berlaku ya.

4. Contact Information

Bagian empat, akan bertanya tentang informasi kontak yang dapat dihubungi, yang meliputi:

4.1 Address in Your Home Country: Isi dengan nama alamat tempat tinggal kamu.

4.2 Current Residential Address: Hanya diisi apabila kamu sekarang tinggal di alamat yang berbeda dengan yang telah kamu tulis di atas. Jika sama dengan atas, maka kosongkan bagian ini.

4.3 Cell Phone Number: Isi dengan nomor handphone yang kamu pakai dan masih aktif.

4.4 Telephone Number: Isi dengan nomor telepon rumah, bisa juga kamu kosongi apabila tidak mempunyai nomor telepon rumah.

4.5 E-mail: Isi dengan alamat email yang kamu punyai.

4.6 Emergency Contact Information: Berikat kontak darurat yang berhubungan dengan kamu. Berikan detailnya pada kolom di bawahnya, seperti namanya dalam bahasa Inggris, negara tempat tinggalnya, nomor teleponnya, dan apa hubungannya dengan kamu.

5. Marital Status Details

Bagian ini akan membahas tentang hubungan pernikahan bagi yang sudah menikah, lalu bagaimana dengan yang belum menikah? Tenang, kamu tidak sendiri #loh

5.1 Current Marital Status: Isi dengan centang pada status pernikahan kamu, apakah kamu sudah menikah (Married), sudah bercerai (Divorced), dan apakah kamu belum pernah menikah (Never Married).

5.2 Spouse Details (if Married): Apabila kamu sudah menikah, isilah detail tentang pasangan kamu pada kolom di bawahnya, yang meliputi nama, tanggal lahir, kewarganegaraan, alamat tempat tinggal, dan nomor kontak yang dapat dihubungi. Bagi yang belum menikah, kamu boleh ke bagian berikutnya.

6. Education

Bagian enam akan bertanya sedikit mengenai riwayat pendidikan kamu.

6.1 What is the highest degree or level of education you have completed? Jawab pertanyaan ini dengan level pendidikan tertinggi/terakhir yang telah kamu tempuh, apakah Master/Doktor, Sarjana, SMU dan sederajat, ataukah lainnya.

6.2 Name of School: Tulis dengan nama kampus/sekolah di mana kamu menyelesaikan pendidikan terakhir tempat kamu dinyatakan lulus.

6.3 Location of School: Jawab dengan lokasi/kota tempat kampus/sekolah tersebut berada.

7. Employment

Setelah pendidikan, selanjutnya akan menanyakan perihal pekerjaan kamu. Jawab dengan benar dan sesuai kondisi yang sesungguhnya.

7.1 What are your personal circumstances? Isi bagian ini dengan mencentang jenis pekerjaan yang paling tepat, meliputi entrepreneur, PNS, pelajar, hingga pengangguran, semua ada.

7.2 Employment Details: Berikan informasi detail mengenai pekerjaan kamu, yang meliputi nama perusahaan/sekolah, posisi yang kamu duduki sekarang, alamat perusahaan/sekolah tersebut, dan nomor telepon yang dapat dihubungi. Kalau kamu freelancer, tulislah jenis freelancer yang kamu kerjakan dan detailnya disini.

8. Details of Sponsor

Bagian ini akan bertanya jika kamu akan pergi ke Korea dengan sponsor atau tidak.

8.1 Do you have anyone sponsoring you for the visa? Jawab pertanyaan ini dengan ‘Yes’, apabila kamu mempunyai sponsor yang membiayai kepergianmu. Apabila kamu mensponsori diri kamu sendiri, maka jawablah dengan ‘No’. Apabila kamu menjawab dengan ‘Yes’ maka berikanlah detail mengenai sponsor kamu, yang meliputi nama sponsor, tanggal lahir/tanggal berdirinya bisnis, hubungannya denganmu, alamat, dan nomor telepon yang dapat dihubungi.

9. Details of Visit

Bagian ini bertanya mengenai detail kepergian kamu ke Korea, yang meliputi:

9.1 Purpose of Visit to Korea: Jawab dengan apakah tujuan kepergian kamu ke Korea, apakah untuk wisata seperti saya, urusan diplomatik seperti para anggota DPR, ataukah untuk bekerja seperti ribuan TKI di Korea.

9.2 Intended Period of Stay: Jawab dengan lamanya periode tinggal di Korea yang kamu rencanakan.

9.3 Intended Date of Entry: Berikan tanggal rencana kedatangan kamu di Korea, dengan format YYYY/MM/DD.

9.4 Address in Korea: Berikan alamat tempat tinggalmu di Korea, bisa juga kamu isi dengan alamat penginapan yang telah kamu pesan.

9.5 Contact Number in Korea: Bagian ini, dapat diisi dengan nomor kontak kamu di Korea, atau cukup masukkan nomor telepon penginapan yang telah kamu pesan di Korea. Tapi saya biasanya menulis nomor telepon saya sendiri karena memang selalu menggunakan nomor saya selama di Korea.

9.6 Have you travelled to Korea in the last 5 years? Centang ‘No’ apabila kamu tidak pernah ke Korea dalam lima tahun terakhir, dan centang ‘Yes’ apabila kamu pernah. Seperti biasa, apabila memilih ‘Yes’ maka kamu harus memberikan detailnya.

9.7 Have you travelled outside your country of residence, excluding to Korea, in the last 5 years? Apabila kamu pernah bepergian ke luar negeri dalam lima tahun terakhir, centang ‘Yes’ dan berikan detail yang meliputi nama beberapa negara yang pernah kamu kunjungi, tujuan kedatangan, dan lamanya kunjungan di sana.

9.8 Are you travelling to Korea with any family member? Berikan jawaban ‘Yes’ apabila kamu bepergian dengan anggota keluarga, dan seperti biasa, tulis detailnya.

10. Funding Details

Bagian sepuluh akan bertanya sedikit mengenai pembiayaan.

10.1 Estimated travel costs in US Dollars: Berikan estimasi biaya perjalanan kamu selama di Korea dalam mata uang Dolar Amerika. Berikan perkiraan perhitungan kurang lebihnya 50-100 Dollar per hari, dan yang perlu diingat bahwa estimasi biaya ini tidak boleh lebih tinggi dari jumlah tabungan yang kamu punyai.

10.2 Who will pay your travel-related expenses? Pertanyaan ini bertanya mengenai siapakah yang akan membiayai pengeluaran yang berhubungan dengan perjalanan kamu. Apabila biaya tersebut dari kocek sendiri, maka kamu dapat menulis jawabannya dengan ‘Myself’ dan berikan detailnya.

11. Assistance with This Form

11.1 Did you receive assistance in completing this form? Apabila kamu mendapat bantuan dari pihak lain ketika mengisi formulir aplikasi visa ini maka beri tanda centang pada ‘Yes’ dan tulis detailnya pada tabel di bawahnya, yang meliputi nama lengkap, tanggal lahir, nomor telepon, dan apa hubungannya dengan kamu.

12. Declaration

Setelah mengisi dengan lengkap dan benar 11 bagian pada formulir aplikasi ini, maka bagian terakhir adalah pernyataan deklarasi yang merupakan pernyataan bahwa kamu telah mengisi dengan benar, yang dilengkapi oleh tanda tangan kamu di bawah tanggal aplikasi.

Sekali lagi, tanggalnya ditulis dengan format YYYY/MM/DD.

Mari ke Kedutaan Besar Korea

Setelah melengkapi semua dokumen dan persyaratan, kamu dapat langsung membawanya ke Kedutaan Besar Republik Korea, yang beralamatkan di Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav. 57 Jakarta 12950, Indonesia. Untuk pengajuan visa, kamu tidak perlu membuat perjanjian terlebih dahulu, asalkan semua syarat sudah lengkap, dan uang sudah ada, maka kamu bisa langsung datang pada jam pendaftaran, yang dibuka mulai pukul sembilan pagi.

Cara pembayaran yang baru

Terhitung mulai tanggal 9 April 2018 Kedutaan Republik Korea Selatan merubah cara pembayaran pengajuan visa sebagai berikut;

visa koreaSaat kamu masuk melewati gerbang Kedutaan, langsung lurus saja sampai mentok, lalu belok kiri. Kamu akan mendapati sebuah ruang pemeriksaan kecil, di mana kamu harus membuka tas, menunjukkan isinya, dan menunjukkan identitas kamu. Setelah aman, barulah kamu akan dipersilakan melewati ruang itu. Sesudah keluar dari ruang pemeriksaan, lurus lalu belok kanan, nanti kamu akan menemukan pintu masuk ke bagian pengajuan visa.

Lokasi KEB Hana Bank terletak di gedung setelah kamu melewati gerbang utama. Kamu harus membayar biaya visa terlebih dahulu di KEB Hana Bank dan mendapatkan PERANGKO yang harus di tempelkan pada dokumen yang akan diserahkan di loket konsular.

Proses pengajuan visa

Setelah masuk dalam ruangan, kamu akan melihat loket-loket nomor 1-3 untuk penerimaan berkas-berkas visa, kamu perlu mengambil nomor antrian untuk nantinya akan muncul di monitor nomor di tiap loket.

Supaya kamu tidak bosan, ada beberapa Majalah yang disediakan di ruangan untuk kamu baca yang jarang dibaca orang dan sebuah TV yang bisa kamu tonton, tentu saja siarannya ditentukan oleh security yang juga kadang-kadang mau menonton. Tapi jangan lupa untuk selalu sigap terhadap nomor antrian, mohon diperhatikan baik-baik, jangan asyik sendiri, main gadget, ngobrol, atau ketiduran, karena hanya akan dipanggil 3x. Bila terlewat, harus ambil nomor antrian lagi.

Saat nomor kamu tertera di monitor, bawalah berkas kamu ke loket dimana nomor antrian kamu muncul. Berkas aplikasi kamu akan diperiksa, jika lengkap dan sudah sesuai, petugas di loket konsular visa akan memberi kamu tanda terima sebagai bukti bahwa aplikasi kamu sudah diterima. Tanda terima inilah yang nantinya harus dibawa pada saat pengambilan paspor, dan visa, apabila diterima.

Untuk formulir aplikasi, harus sudah diisi langsung karena tidak akan diberikan lagi dari pihak kedutaan, jadi begitu sampai di kedutaan sudah tinggal menyerahkan saja. Jangan lupa untuk menempelkan PERANGKO yang kamu dapatkan setelah melakukan pembayaran di KEB Hana Bank.

Mengecek Visa Korea

Setelah 6 hari kerja, tidak terhitung hari memasukkan berkas, kamu bisa mengecek status permohonan visa kamu melalui website http://idn.mofa.go.kr bagian “Check Application Status” dengan cara memasukkan nama dalam bahasa Inggris (ditulis dari kata terakhir, baru kata pertama dan selanjutnya), tanggal lahir, dan nomor paspor, sebelum mengklik “Search”. Tidak perlu mengubah jenis aplikasi visa saat akan memasukkan data kamu.

Apabila permohonan diterima, maka statusnya akan muncul di bawah kolom pencarian sebagai “Approved”. Jika kamu mengajukan visa multiple-entry, kamu bisa langsung mengambil visa kamu sehari setelah kamu mengajukan visa.

Mengambil Visa Korea

Saat pengambilan visa, kamu hanya perlu datang di jam yang ditentukan oleh Kedutaan untuk pengambilan visa, menyerahkan tanda terima yang kamu dapat saat mengajukan dan menunggu dipanggil. Dikarenakan ini tidak memggunakan nomor antrian, maka kadang suka lama karena bukan berdasarkan siapa yang datang duluan, tetapi siapa yang aplikasinya sudah selesai. Untuk tanda terima harap dibawa yang asli. Apabila hilang, maka pendaftar (yang aplikasinya ada di kedutaan) harus datang sendiri dengan membawa KTP asli, dan tidak dapat diwakilkan.

Saat saya mengajukan visa single-entry beberapa tahun lalu, pastinya deg-deg syur karena saat itu banyak yang ditolak oleh konsular Korea, setelah menunggu beberapa hari, visa saya pun di setujui. Lalu setahun kemudian saya mengajukan visa multiple-entry karena sudah pergi ke korea sebanyak 4 kali, yang namanya mengajukan visa selalu membuat saya deg-deg syur, tapi seperti kata pepatah kalau niatnya baik pasti semua jalan dipermudah, begitupun dengan visa, kalau semua lengkap dan jelas, pasti semua proses dipermudah. Selamat mengajukan visa Korea Selatan.

Sampai bertemu di Seoul.

Gosh

I am a language trainer based in Jakarta, Indonesia. I love traveling, like a lot. I enjoy walking around, language immersion in different places, have a cup of coffee at some unfamiliar coffee shop, embrace the history or art in many different museums. I love coming across people and blending with new culture. I like having conversations with new people, blogging the stories and inspire people.

48 Comments

  • Wiwinjiee
    May 6, 2018 at 5:13 PM

    Spt udah gak wajib kak, asal ada rekening koran sma slip gaji, update terakhir 2 maret 2018 di web kedubes korea

    • Gosh
      Gosh
      May 6, 2018 at 5:28 PM

      Betul sekali, tetapi sekarang sudah ada yang terbaru lagi, per April 2018, jadi lebih baik tetap disertakan daripada bolak balik kan 🙂

  • Mona
    May 6, 2018 at 9:31 PM

    Mauu dunk…

    • Gosh
      Gosh
      May 6, 2018 at 9:32 PM

      Ayukkk buat multiple-entry visanya, sudah pernah ke korea sekali kan?

      • Darwin Kopatnas
        August 9, 2018 at 11:04 AM

        bagaimana caranya gan???

        • Gosh
          Gosh
          August 9, 2018 at 2:20 PM

          Bisa dibaca di atas kak 🙂

  • Vino Rory
    May 6, 2018 at 10:14 PM

    akhirnya ngerti jga saya prosedurnya .. pengen bikin

    • Gosh
      Gosh
      May 7, 2018 at 5:39 AM

      Bikin donk, trus yuk ke korea 🙂

  • Herna
    May 7, 2018 at 7:04 AM

    Wahh daebakk, klo yg multiple bisa dishare ga kk😄

    • Gosh
      Gosh
      May 7, 2018 at 7:05 AM

      Kamu pasti ga baca baik-baik ya, apa bacanya sambil mikirin so ji sub oppa? Kan diatas juga di share tentang multiple nya 🙂

  • Cerita tentang Gita
    May 8, 2018 at 4:09 PM

    ka share tentang visa Jepang juga dong…

    • Gosh
      Gosh
      May 8, 2018 at 4:19 PM

      wow ide yang bagus nih, sip nanti ditulis tentang visa jepang deh ^^

      • Cerita tentang Gita
        May 8, 2018 at 4:25 PM

        waahh… asikkk… kaka baik banget.

        • Gosh
          Gosh
          May 8, 2018 at 4:26 PM

          baik donk kan ditraktir kopi nantinya hahhahah

  • Didik
    May 9, 2018 at 6:06 PM

    Wah makasi kaka info nya,, bermanfaat sekali,, kamsiahamnindaaaa 🙂

    • Gosh
      Gosh
      May 9, 2018 at 6:52 PM

      Buat donk kakak 🙂

  • Rina
    May 13, 2018 at 7:30 PM

    Selama ini kan aku nabungnya gak di rekening ya kak, trus kalau misalnya sekarang uang itu aku masukin rekening terus cetak rekening koran, gak apa2 kak?

    Untuk saldonya ada minimalnya gak kak?

    Terima kasih sebelumnya 🙂

    • Gosh
      Gosh
      May 13, 2018 at 8:05 PM

      Hello rina,

      Hmm, pada dasarnya yang dilihat pada rekening tabungan bukan sekedar besarnya rekening tabungan sih kl menurut saya, tetapi aktif atau tidaknya rekening itu yg artinya ada transaksi2 yg terjadi di dalam tabungan itu, jd kl tiba2 masuk sejumlah dana yg besar tanpa adanya transaksi2 justru akan membuat pertanyaan2 kan. Jd lebih baik menabunglah dan bertransaksilah menggunakan tabungan itu supaya ada keaktifan di rekening kamu.

      Untuk saldo minimal sebesar yang kami akan keluarkan untuk perjalanan kamu. Cth; biaya pesawat, tmpat tinggal dan hidup kamu selama di korea dgn estimasi 50-100 USD perhari.

      Semoga menjawab pertanyaannya ya.

  • Rina
    May 13, 2018 at 8:13 PM

    Kalau dibilang aktif atau nggak sih, aktif kak. Karna gajian dsb selalu lewat situ, hanya sj ya stelah masuk biasanya aku ambil untuk di save di luar rekening. Berarti gak masalah ya kak?

    • Gosh
      Gosh
      May 13, 2018 at 8:35 PM

      Masalah atau tidaknya sih kedutaan yg memutuskan. Tapi kalau menurut rina sendiri itu aktif dan ada aktivitas yang terjadi di dlmnya, berarti bagus donk. Hanya diingat jangan masukan dana besar secara mendadak ya.

  • Rina
    May 13, 2018 at 8:39 PM

    Terima kasih jawabannya kak. Bermanfaat banget, karna ini pertama kali mau apply jadi banyak tanya2 😅. Semoga langsung approve, aamiiin 😇

    • Gosh
      Gosh
      May 13, 2018 at 8:51 PM

      Sama-sama. Makasih uda mampir kesini. Sukses dengan visa-nya ya.

  • Yuliafitria
    May 18, 2018 at 10:20 AM

    Hai, mau tanya kalau saya mau pergi ke korea mengajak adik saya yang statusnya masih Pelajar dan tidak ada tabungan sma sekali syaratnya apa ya??
    untuk pengeluaran selama di sana saya yang menanggung
    apakah adik saya harus mempunyai rekening sendiri

    • Gosh
      Gosh
      May 18, 2018 at 10:25 AM

      Hello kakak yulia 🙂
      Kakaknya kerja kan berarti di surat keterangan (entah surat keterangan kerja atau bisa bikin khusus surat keterangan gt) bisa ditulis kalau kak yulia akan pergi ke korea bersama adik, dan semua biaya ditanggung oleh kak yulia. Pastikan jumlah tabungan cukup untuk membiayai dua orang.

      Adiknya ga perlu menyertakan rekening, krn kan ditanggung oleh kakaknya 🙂

      Terima kasih sudah mampir ya.

  • Ade Kemala
    May 22, 2018 at 8:46 AM

    Hai, mau tanya neh… Rencananya kami mau berangkat bulan Desember, tapiiii qt ngurus pembuatan Visa korea nya bulan Juni apakah bisa?? Visa yang 90 hari itu terhitung qt berangkat bulan desember atau setelah pembuatan Visa yang bulan Juni… Mohon bantuan penjelasannya ya…. Terima kasih.

    • Gosh
      Gosh
      May 22, 2018 at 11:50 AM

      Hello,
      Kalau berangkat bulan desember, paling cepat mengurus visanya 3 bulan sebelum keberangkatannya. Kl mengurus juni, itu terlalu cepat, nanti sebelum berangkat malah ga bisa di pake visanya. 90 hari terhitung sejak kita masuk korea.

  • Aulia Rahma
    May 24, 2018 at 12:22 PM

    done kak

  • Hana Rangkuty
    May 25, 2018 at 5:26 PM

    DONE

  • Indah
    May 26, 2018 at 1:59 PM

    Done kak….
    Makasih juga informasi nya sangat membantu…

  • Meyka
    June 28, 2018 at 11:13 AM

    kak ini saya ngajuin visa nya mepet 2 minggu pas berangkat, aman ga ya kira2? aku baru ajuin tgl 28juni dan pengambilan minimal ditulis 6 juli, aku khawatir sedangkan aku berangkat 11 juli :”)

    • Gosh
      Gosh
      June 29, 2018 at 12:44 AM

      Hello Meyka,

      saya sih ga pernah menyarankan mengajukan semepet itu, tapi kalau ga ada pilihan lain, patut dicoba. Tapi kalau bisa mengajukan lebih cepat, akan lebih baik.

  • Maria
    July 11, 2018 at 3:19 PM

    Hai kak, kalo ngajuin visa multiple syaratnya : sudah pernah ke Korea sekali DAN mengunjungi negara OECD atau salah satu dari syarat itu saja? Soalnya saya sudah pernah ke Korea tapi ga punya visa negara OECD.
    Thanks

    • Gosh
      Gosh
      July 15, 2018 at 5:21 PM

      Terakhir kali saya update, harus ada dua itu, tapi beberapa waktu lalu ada yg apply hanya dengan pernah ke Korea sekali dan ternyata bisa. Pada dasarnya semua tergantung dari kebijakan Konsuler yg menjabat saat mengajukan visa. Jd kl Konsuler ganti, kebijakan juga bisa berubah.

  • astuti
    July 17, 2018 at 4:37 PM

    haii kak mau tanya, jika kita mau apply multiple entry tapi ternyata di tolak, apakah otomatis dapat downgrade jadi single entry or memang aplikasi kita jadi batal dan harus apply ulang..

    • Gosh
      Gosh
      July 17, 2018 at 4:39 PM

      Hello astuti,

      Pengalaman saya, waktu itu di downgrade ke single entry. Tetapi tidak ada yang pasti tentunya, semua kembali kepada keputusan konsuler itu sendiri.

  • Della D
    July 30, 2018 at 12:07 AM

    Halloo kak mau tanya, rencana aku mau ke korea. Masih bingung buat visanya karena aku kerjanya online seller. Untuk npwp baiknya gimana ya kak? Apa aku harus bikin aja?

    • Gosh
      Gosh
      July 30, 2018 at 2:09 PM

      Bisa buat surat tidak punya spt, harus dijelaskan kerjaannya apa beserta bukti2 kalau memang kerjaannya itu.

  • tyass
    August 4, 2018 at 9:51 AM

    halo kak. aku kan belum pernah ke luar negeri sebelumnya, jadi passport aku belum ada cap alias masih polos hehe. kira- kira aman tidak ya jika ingin mengajukan visa ke korea? terimakasih sebelumnya kak

    • Gosh
      Gosh
      August 4, 2018 at 9:56 AM

      Hello Tya,

      Disetujui atau tidaknya Visa Korea bukan dari paspor ada cap atau tidak ada cap. Selama semua dokumen yang diminta jelas dan lengkap, kenapa tidak? Konsuler visa yang memutuskan layak atau tidaknya sebuah aplikasi disetujui atau tidak.

      Semoga menjawab pertanyaannya ya.

  • lia
    August 4, 2018 at 1:22 PM

    Siang Kak, sya mau tanya. Waktu pengajuan visa, isi e-form (visa) juga gak ??

    Trims kak

    • Gosh
      Gosh
      August 4, 2018 at 8:24 PM

      Hello Lia,

      Formnya di download lalu di isi, bisa di isi dengan tulisan tangan atau menggunakan komputer, tetapi tetap harus di print dan di sertakan dalam berkas visa.

      Semoga menjawab pertanyaannya ya.

      • Lia
        August 6, 2018 at 2:55 PM

        siap kak, trimakasih

  • Desi Ramahdani
    October 10, 2018 at 9:59 PM

    Haii.. mau tanya untuk visa multiple itu bisa di cek approvalnya pada hari itu juga atau ke esokan hari nya ya??

  • Ivan
    October 15, 2018 at 12:38 PM

    Hi kak mau tanya kalo misal belom kerja, selain surat pernyataan ortu, bisa pakai apa ya? Misal pake surat pernyataan dari teman yg satu trip boleh kah?

  • indah Kumala
    October 19, 2018 at 4:14 PM

    Halo mau tanya dong. Kalau pengajuan visa korea sekarang masih bisa dititipkan gak ya? Misal aku mau rombongan sama temen, tp yang ngajuin cuma aku. Please advice hehehe…

  • ludbizar
    December 4, 2018 at 12:49 AM

    terima kasih panduannya mas gan, sangat membantu

  • kiki
    January 13, 2020 at 11:45 AM

    mau tanya dong kalau mau ajukan visa single untuk visa korea memang harus rek. ditabungan 30jt ya mohon dijawab kak

    • Gosh
      Gosh
      February 12, 2020 at 7:41 PM

      Hello Kiki,
      terima kasih sudah mampir di sini.
      untuk minimal tabungan pengajuan visa single korea sebaiknya sebanyak yang diperlukan untuk trip itu sendiri diikuti dengan keaktifan dari tabungan itu juga. Kalau nominal akhir tiba-tiba banyak tetapi tidak ada transaksi aktif dalam tiga bulan terakhir, saya rasa itu kurang baik. Tetapi kembali lagi keputusan tetap berada pada konsulat kedutaan besar Korea Selatan ya.

Comments are closed here.

Advertisement




trazy.com
Klook.com